SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MADRASAH ALIYAH
Mata Pelajaran : Akhlak
Kelas/PEMINATAN : XII / ilmu-ilmu KEAGAMAAN
Semester : Ganjil
KOMPETENSI INTI :
KI -1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
KI- 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI -3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI- 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1. Menyadari pentingnya ber-akhlakul karimah dalam
pergaulan remaja
|
Etika pergaulan
|
|
|
|
· Buku Akhlak Kls
XII Kemenag 2014
· Kitab tafsir
Al-Qur’an
· Ihyaa ‘Ulumuddin
Karya Imam
Al-Ghozali
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
2.1.Membiasakan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
|
|
|
||
3.1. Memahami akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
4.1. Menunjukkan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
·
Mengamati
- Mencermati
bacaan teks tentang akhlak
terpuji dalam pergaulan
- Meyimak
penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya
- Memberi
stimulus agar peserta didik bertanya tentang pengertian akhlak
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna
dan contoh perilaku yang baik dalam pergaulan
- Guru
mengamati perilaku siswa melalui
lembar pengamatan di sekolah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang
tua untuk mengamati perilaku yang baik.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan materi di atas.
·
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi
tentang materi di atas.
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang perilaku remaja dalam pergaulan).
·
Observasi
- Mengamati
teman sejawat tentang perilaku di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat
melalui lembar pengamatan.
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat :
§
isi diskusi
§
sikap yg
ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·
Portofolio
-
Membuat
paparan analisis dari hasil observasi tentang perilaku remaja masa kini
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan
menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang etika pergaulan remaja
·
Tes lisan
-
Menjelaskan hasil pengamatan tentang perilaku
remaja masa kini
|
6 jam pelajaran
|
||
1.2.Menghayati nilai-nilai sifat tobat, wara’, qana’ah,
zuhud, dan amanah
|
Hikmah bertaubat
|
|
|
|
|
2.2.Membiasakan perilaku tobat,wara’,qana’ah,zuhud, dan amanah
|
|
|
|
||
3.2.Menganalisis sifat tobat, wara’, qana’ah, zuhud, dan
amanah serta cara membiasakannya
4.2.Menunjukkan contoh sifat tobat,wara’,qana’ah, zuhud, dan
amanah
|
·
Mengamati:
- Mencermati
bacaan teks tentang hikmah taubat
- Meyimak
penjelasan materi terkait melalui tayangan
vidio atau media lainnya.
·
Menanya
- Memberi
stimulus agar peserta didik bertanya tentang pengertian dan hikmah bertaubat
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna taubat,
wara’, qana’ah, zuhud dan amanah
· Mengasosiasikan
-
Membuat kesimpulan materi di atas.
· Mengkomunikasikan
- Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang materi di atas.
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
data ( gambar, berita, artikel tentang hikmat bertaubat ).
·
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat :
§
isi diskusi
§
sikap yg
ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·
Portofolio
-
Membuat
paparan analisis dari hasil diskusi tentang hikmat bertaubat
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan
menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang hikmah bertaubat
· Tes
lisan
- Menjelaskan hasil diskusi
|
6 jam pelajaran
|
||
1.3.Menyadari kewajiban menghindari perilaku dosa besar
(mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan
mencuri
|
Dosa besar dan akibatnya
|
|
|
|
|
2.3.Menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi
narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
|
|
|
|
||
3.3.Memahami pengertian dan bahaya dosa
besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas
dan mencuri) serta cara menghindarinya
4.3.Mempresentasikan cara menghindari dosa besar (mabuk-mabukan,
mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
|
·
Mengamati:
- Mencermati
bacaan teks tentang dosa besar
dan akibatnya
- Meyimak
penjelasan materi terkait melalui
tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya
- Memberi
stimulus agar peserta didik bertanya tentang pengertian dan penjelasan
tentang dosa besar serta akibatnya
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna
dosa besar dan akibatnya
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan materi di atas.
· Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi
tentang materi di atas.
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
data ( gambar, berita, artikel tentang akibat berbuat dosa ).
·
Observasi .
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat :
§
isi diskusi
§
sikap yg
ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·
Portofolioan
-
Membuat
paparan analisis dari hasil diskusi tentang dosa besar dan
akibatnya
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan
menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang dosa besar dan akibatnya
·
Tes lisan
-
Menjelaskan hasil diskusi
|
6 jam pelajaran
|
||
1.4.Menghayati nilai-nilai membesuk orang sakit, takziyah
dan ziarah kubur
|
Adab menjenguk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
|
|
|
|
|
2.4.Membiasakan membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur dengan
adab yang baik
|
|
|
|
||
3.4.Memahami adab membesuk orang sakit,
takziyah dan ziarah kubur serta hikmahnya
4.4.Mempraktikkan adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
|
·
Mengamati:
- Mencermati
bacaan teks tentang adab membesuk
orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
- Meyimak
penjelasan materi terkait melalui
tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya
- Memberi
stimulus agar peserta didik bertanya tentang pengertian dan penjelasan
tentang adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan adab membesuk
orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan materi di atas.
· Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi
tentang materi di atas.
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
data ( gambar, berita, artikel tentang akibat berbuat dosa ).
·
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat :
§
isi diskusi
§
sikap yg
ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·
Portofolioan
-
Membuat
paparan analisis dari hasil diskusi tentang dosa besar dan
akibatnya
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan
menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang adab membesuk orang sakit, takziyah dan
ziarah kubur
·
Tes lisan
-
Menjelaskan hasil diskusi
|
6 jam pelajaran
|
||
1.5.Menyadari pentingnya menghindari
perilaku tercela seperti yang dilakukan oleh Abu Lahab dan istrinya dan istri
Nabi Luth
|
Q. S. Al-Lahab : 1 - 5
|
|
|
|
|
2.5.Menghindari perilaku tercela seperti
perilaku Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth
|
|
|
|
||
3.5.Menganalisis perilaku tercela Abu Lahab dan
istrinya dan istri Nabi Luth
4.5.Menceritakan kisah Abu Lahab dan
istrinya dan istri Nabi Luth
|
·
Mengamati
- Menyimak
bacaan, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan Q.S. Al-Lahab : 1 - 5
-
Mencermati perilaku yang
terkandung dalam Q. S. Al-Lahab : 1 - 5
·
Menanya
-
Menanyakan cara membaca hukum tajwid, asbabun
nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Lahab
: 1 - 5
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
- Mendiskusikan cara
membaca sesuai dengan tajwid,
menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Al-Lahab : 1 - 5
· Mengasosiasi
- Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Lahab : 1 - 5
·
Mengkomunikasikan:
- Mendemonstrasikan bacaan
(hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang
Q.S. Al-Lahab : 1 –
5, secara individu maupun kelompok
|
·
Tugas
-
Menghafal Q.S. Al-Lahab : 1 – 5
dengan cara mengisi lis (lembar tugas
hafalan).
·
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat :
§
isi diskusi
(kandungan ayat dan hukum bacaan)
§ sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait
dengan perilaku yang
terkandung dalam Q. S. Al-Lahab : 1 – 5
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan Q.S. Al-Lahab : 1 - 5
-
Membuat
paparan analisis dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada Q.S. Al-Lahab : 1 – 5
·
Tes tulis
-
Menyalin Q.S. Al-Lahab : 1 - 5 serta mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya;
-
Menjawab soal-soal tentang isi
kandungan Q.S. Al-Lahab : 1 – 5
·
Tes lisan
-
Membaca dan menghafal Q.S. Al-Lahab : 1 - 5
|
6 jam pelajaran
|
||
|
|
|
|
30 jam pelajaran
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Akhlak
Kelas/Program : XII ( dua belas )/Keagamaan
Semester : Genap
Kompetensi Inti :
KI -1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
KI- 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
KI -3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI- 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1.Menyadari nilai-nilai hak asasi manusia yang dilindungi Islam
|
Hak asasi dalam Islam
|
|
|
|
· Buku Akhlak Kls
XII Kemenag 2014
· Kitab tafsir
Al-Qur’an
· Ihyaa ‘Ulumuddin
Karya Imam
Al-Ghozali
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
2.1.Memahami hak asasi manusia yang dilindungi Islam
|
|
|
|
||
3.1.Memahami pandangan Islam mengenai hak asasi manusia
4.1.Mempresentasikan pandangan Islam mengenai Hak
Asasi manusia
|
·
Mengamati
- Mencermati
bacaan teks tentang hak
asasi dalam Islam
- Meyimak penjelasan
materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya
-
Memberi
stimulus agar peserta didik bertanya tentang hak asasi dalam Islam dan
implemetasinya
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh implementasi
hak asasi dalam Islam
- Guru mengamati
perilaku pelaksanaan hak asasi siswa di sekolah melalui lembar
pengamatan di sekolah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati
perilaku pelaksanaan hak asasi di rumah.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan materi di atas.
·
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang
materi di atas.
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang hak asasi dalam Islam
·
Observasi
- Mengamati teman
sejawat tentang perilaku pelaksanaan hak asasi di lingkungan
sekolah, rumah maupun masyarakat melalui lembar pengamatan.
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat :
§
isi
diskusi
§
sikap
yg ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·
Portofolio
-
Membuat paparan analisis
dari hasil observasi tentang perilaku pelaksanaan hak
asasi.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan
ganda dan uraian tentang hak asasi
dalam Islam
·
Tes lisan
-
Menjelaskan hasil pengamatan tentang perilaku pelaksanaan
hak asasi
|
6 jam pelajaran
|
||
1.2.Menghayati nilai-nilai mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah
bil khairwt, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
|
Memperbaiki diri
|
|
|
|
|
2.2.Terbiasa melaksanakan mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabwqah
bil khairwt, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
|
|
|
|
||
3.2.Menganalisis mujahadah an-nafsi (kontrol
diri), musabaqah bil khairwt, etos kerja pribadi muslim, dinamis,
inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya
4.2.Menunjukkan contoh mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah
bil khairwt, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
serta cara membiasakannya
|
·
Mengamati
- Mencermati
bacaan teks tentang mujahadah an-nafsi, musabaqah bil khairat, etos kerja
pribadi muslim,dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya.
-
Mencermati manfaat dan hikmah mujahadah an-nafsi, musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi
muslim,dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya melalui tayangan
video atau media lainnya.
·
Menanya
-
Menanya tentang pengertian mujahadah an-nafsi,
musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif dan
kreatif serta cara membiasakannya..
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Mendiskusikan mujahadah an-nafsi,
musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif dan
kreatif serta cara membiasakannya.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan dari diskusi tentang mujahadah
an-nafsi, musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif
dan kreatif serta cara membiasakannya.
·
Mengkomunikasikan
-
Mendemonstrasikan menyampaikan hasil diskusi tentang
mujahadah
an-nafsi, musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif
dan kreatif serta cara membiasakannya. individu maupun kelompok
|
·
Observasi
-Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat :
§
kandungan
ayat), manfaat dan hikmah perilaku mujahadah an-nafsi, musabaqah bil
khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif dan kreatif serta cara
membiasakannya.
·
Sikap
yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan
perilaku mujahadah an-nafsi, musabaqah bil khairat,
etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif dan kreatif serta cara
membiasakannya.
·
Portofolio
-Melaporkan
hasil obervasi berupa paparan mujahadah
an-nafsi, musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif
dan kreatif
·
Tes tulis
-Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian mujahadah
an-nafsi, musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif
dan kreatif
·
Tes lisan
-
Test hasil diskusi
|
6 jam pelajaran
|
||
1.3.Menyadari kewajiban menghindari riyw’ takabbur, nifaq,
fasiq, dan hasad
|
Bahaya sifat riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad
|
|
|
|
|
2.3.Menghindari perilaku riya’ takabbur, nifaq, fasiq,
dan hasad
|
|
|
|
||
3.3.Menganalisis pengertian dan bahaya riya’ takabbur,
nifaq, fasiq, dan hasad serta cara menghindarinya.
4.3.Mempresentasikan contoh sifat riya’ takabbur, nifaq,
fasiq, dan hasad serta cara menghindarinya
|
· Mengamati
- Mencermati
bacaan teks tentang bahaya riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad.
-
Mencermati bahaaya perilaku riya’,
takabbur, nifaq, fasiq dan hasad.
·
Menanya
-
Menanya tentang pengertian riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad.
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Mendiskusikan perilaku riya’,
takabbur, nifaq, fasiq dan hasad.
· Mengasosiasi
- Membuat kesimpulan dari diskusi tentang mujahadah
an-nafsi, riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad.
·
Mengkomunikasikan
-
Mendemonstrasikan menyampaikan hasil diskusi tentang
riya’,
takabbur, nifaq, fasiq dan hasad.
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang hak asasi dalam Islam
·
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat :
§
Bahaya tentang
bahaya riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad.
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa
paparan tentang Bahaya tentang
bahaya riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad
·
Tes tulis
- Menjawab
soal-soal tentang Bahaya tentang
bahaya riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad
·
Tes lisan
- Tes hasil
diskusi
|
6 jam pelajaran
|
||
1.4.Menghayati nilai-nilai akhlak terpuji
dalam adab mengundang dan memenuhi undangan
|
Adab mengundang dan memenuhi undangan
|
|
|
|
|
2.4. Membiasakan akhlak terpuji
ketika mengundang dan menerima undangan
|
|
|
|
||
3.4.Memahami adab mengundang dan memenuhi undangan
4.4. Mempraktikkan adab mengundang dan memenuhi undangan
|
·
Mengamati:
- Mencermati
bacaan teks tentang adab
mengundang dan memenuhi undangan
- Meyimak
penjelasan materi terkait melalui
tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya
- Memberi stimulus agar peserta didik
bertanya tentang pengertian dan penjelasan tentang adab mengundang dan
memenuhi undangan
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan adab mengundang dan
memenuhi undangan
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan diskusi materi di atas.
·
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang
materi di atas.
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
data ( gambar, berita, artikel tentang adab mengundang dan memenuhi undangan ).
·
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat :
§
isi
diskusi
§
sikap
yg ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·
Portofolioan
-
Membuat paparan analisis
dari hasil diskusi
tentang dosa besar dan akibatnya
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan
ganda dan uraian tentang adab
mengundang dan memenuhi undangan
·
Tes lisan
- Menjelaskan
hasil diskusi
|
6 jam pelajarann
|
||
1.5
Menghayati akhlak utama dari Abu Bakar
|
Keutamaan akhlak para sahabat
|
|
|
|
|
2.5. Meneladani akhlak utama dari Abu Bakar
as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi
Talib r.a.
|
|
|
|
||
3.5.Menganalisis akhlak utama dari Abu Bakar as-Siddiq
r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
4.5. Menceritakan kisah teladan Abu Bakar
as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi
Talib r.a.
|
·
Mengamati:
- Mencermati
bacaan teks tentang keutamaan
akhlak para sahabat
- Meyimak
penjelasan materi terkait melalui
tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
- Memberi stimulus agar peserta didik
bertanya tentang keutamaan akhlak para sahabat
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan keutamaan akhlak para
sahabat.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan diskusi materi di atas.
·
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang
materi di atas.
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
data ( gambar, berita, artikel tentang akibat berbuat dosa ).
·
Observasi .
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat :
§
isi
diskusi
§
sikap
yg ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·
Portofolioan
-
Membuat paparan analisis
dari hasil diskusi
tentang keutamaan akhlak para sahabat
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan
ganda dan uraian tentang keutamaan
akhlak para sahabat
·
Tes lisan
-
Menjelaskan hasil diskusi
|
6 jam pelajaran
|
0 komentar: