SILABUS PEMBELAJARAN AKHLAK

Posted by wong bojonegoro ndeso  |  Tagged as:

SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan    : MADRASAH ALIYAH
Mata Pelajaran          : Akhlak
Kelas/PEMINATAN        : XII / ilmu-ilmu KEAGAMAAN
Semester                          : Ganjil



KOMPETENSI INTI :

KI -1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI- 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI -3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI- 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.1.   Menyadari pentingnya ber-akhlakul karimah dalam pergaulan remaja
Etika pergaulan




·   Buku Akhlak Kls XII Kemenag 2014
·   Kitab tafsir Al-Qur’an
·   Ihyaa ‘Ulumuddin
Karya Imam Al-Ghozali
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet

2.1.Membiasakan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja



3.1. Memahami akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
4.1. Menunjukkan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
·      Mengamati
-   Mencermati bacaan teks tentang akhlak terpuji dalam pergaulan
-   Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·      Menanya
-  Memberi stimulus agar peserta didik bertanya tentang pengertian akhlak
·          Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perilaku yang baik dalam pergaulan
-       Guru mengamati perilaku siswa melalui lembar pengamatan di sekolah.
-       Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku yang baik.

·      Mengasosiasi
-          Membuat kesimpulan materi di atas.

·      Mengkomunikasikan
-          Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi di atas.
·      Tugas
-   Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang perilaku remaja dalam pergaulan).

·      Observasi
-   Mengamati teman sejawat tentang perilaku di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat melalui lembar pengamatan.
-   Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat :
§  isi diskusi
§  sikap yg ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·      Portofolio
-   Membuat paparan analisis dari hasil observasi tentang perilaku remaja masa kini

·      Tes tulis
-   Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  etika pergaulan remaja

·      Tes lisan
-          Menjelaskan hasil pengamatan tentang perilaku remaja masa kini
6 jam pelajaran
1.2.Menghayati nilai-nilai sifat tobat, wara’, qana’ah, zuhud, dan amanah
Hikmah bertaubat



2.2.Membiasakan perilaku tobat,wara’,qana’ah,zuhud, dan amanah



3.2.Menganalisis sifat tobat, wara’, qana’ah, zuhud, dan amanah serta cara membiasakannya
4.2.Menunjukkan contoh sifat tobat,wara’,qana’ah, zuhud, dan amanah
·      Mengamati:
-   Mencermati bacaan teks tentang hikmah taubat
-   Meyimak penjelasan materi terkait  melalui tayangan vidio atau media lainnya.

·      Menanya
Memberi stimulus agar peserta didik bertanya tentang pengertian dan hikmah bertaubat
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-          Peserta didik mendiskusikan makna taubat, wara’, qana’ah, zuhud dan amanah
·      Mengasosiasikan
-          Membuat kesimpulan materi di atas.

·      Mengkomunikasikan
- Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi di atas.
·      Tugas
-   Mengumpulkan data ( gambar, berita, artikel tentang hikmat bertaubat ).

·      Observasi
-   Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat :
§  isi diskusi
§  sikap yg ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·      Portofolio
-   Membuat paparan analisis dari hasil diskusi tentang hikmat bertaubat

·      Tes tulis
-   Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  hikmah bertaubat

·      Tes lisan
- Menjelaskan hasil diskusi
6 jam pelajaran
1.3.Menyadari kewajiban menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri
Dosa besar dan akibatnya



2.3.Menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)



3.3.Memahami pengertian dan bahaya dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri) serta cara menghindarinya
4.3.Mempresentasikan cara menghindari dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
·      Mengamati:
-   Mencermati bacaan teks tentang dosa besar dan akibatnya
-   Meyimak penjelasan materi terkait  melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·      Menanya
Memberi stimulus agar peserta didik bertanya tentang pengertian dan penjelasan tentang dosa besar serta akibatnya
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Peserta didik mendiskusikan makna dosa besar dan akibatnya
·      Mengasosiasi
-          Membuat kesimpulan materi di atas.
·      Mengkomunikasikan
-          Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi di atas.
·      Tugas
-   Mengumpulkan data ( gambar, berita, artikel tentang akibat berbuat dosa ).

·      Observasi .
-   Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat :
§  isi diskusi
§  sikap yg ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·      Portofolioan
-   Membuat paparan analisis dari hasil diskusi tentang dosa besar dan akibatnya

·      Tes tulis
-   Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  dosa besar dan akibatnya
·      Tes lisan
-          Menjelaskan hasil diskusi
6 jam pelajaran
1.4.Menghayati nilai-nilai membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
Adab menjenguk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur



2.4.Membiasakan membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur dengan adab yang baik



3.4.Memahami adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur serta hikmahnya
4.4.Mempraktikkan adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
·      Mengamati:
-   Mencermati bacaan teks tentang adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
-   Meyimak penjelasan materi terkait  melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·      Menanya
Memberi stimulus agar peserta didik bertanya tentang pengertian dan penjelasan tentang adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Peserta didik mendiskusikan adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
·      Mengasosiasi
-          Membuat kesimpulan materi di atas.
·      Mengkomunikasikan
-          Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi di atas.
·      Tugas
-   Mengumpulkan data ( gambar, berita, artikel tentang akibat berbuat dosa ).
·      Observasi
-   Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat :
§  isi diskusi
§  sikap yg ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·      Portofolioan
-   Membuat paparan analisis dari hasil diskusi tentang dosa besar dan akibatnya

·      Tes tulis
-   Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur

·      Tes lisan
-          Menjelaskan hasil diskusi
6 jam pelajaran
1.5.Menyadari pentingnya menghindari perilaku tercela seperti yang dilakukan oleh Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth
Q. S. Al-Lahab : 1 - 5



2.5.Menghindari perilaku tercela seperti perilaku Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth



3.5.Menganalisis perilaku tercela Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth
4.5.Menceritakan kisah Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth
·      Mengamati
-   Menyimak bacaan, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S. Al-Lahab : 1 - 5
-   Mencermati perilaku yang terkandung dalam Q. S. Al-Lahab : 1 - 5
·      Menanya
-   Menanyakan cara membaca hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Lahab : 1 - 5
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-  Mendiskusikan cara membaca sesuai dengan tajwid,  menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Al-Lahab : 1 - 5
·      Mengasosiasi
-  Membuat kesimpulan  dari kandungan Q.S. Al-Lahab : 1 - 5
·      Mengkomunikasikan:
-  Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang  Q.S. Al-Lahab : 1 – 5, secara individu maupun kelompok
·      Tugas
-   Menghafal Q.S. Al-Lahab : 1 – 5 dengan cara mengisi lis  (lembar tugas hafalan).

·      Observasi
-   Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat :
§  isi diskusi (kandungan ayat dan hukum bacaan)
§  sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan perilaku yang terkandung dalam Q. S. Al-Lahab : 1 – 5

·      Portofolio
-   Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan  Q.S. Al-Lahab : 1 - 5
-   Membuat paparan analisis dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada  Q.S. Al-Lahab : 1 – 5

·      Tes tulis
-   Menyalin Q.S. Al-Lahab : 1 - 5 serta mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya;
-   Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S. Al-Lahab : 1 – 5

·      Tes lisan
-          Membaca dan menghafal Q.S. Al-Lahab : 1 - 5
6 jam pelajaran




30 jam pelajaran












SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan    : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran          : Akhlak
Kelas/Program            : XII ( dua belas )/Keagamaan
Semester                          : Genap

Kompetensi Inti       : 

KI -1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI- 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI -3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI- 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.1.Menyadari nilai-nilai hak asasi manusia yang dilindungi Islam
Hak asasi dalam Islam



·   Buku Akhlak Kls XII Kemenag 2014
·   Kitab tafsir Al-Qur’an
·   Ihyaa ‘Ulumuddin
Karya Imam Al-Ghozali
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet

2.1.Memahami hak asasi manusia yang dilindungi Islam
                                      


3.1.Memahami pandangan Islam mengenai hak asasi manusia
4.1.Mempresentasikan pandangan Islam mengenai Hak Asasi manusia
·      Mengamati
-   Mencermati bacaan teks tentang hak asasi dalam Islam
-   Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.

·      Menanya
- Memberi stimulus agar peserta didik bertanya tentang hak asasi dalam Islam dan implemetasinya

·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-   Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh implementasi hak asasi dalam Islam
-   Guru mengamati perilaku pelaksanaan hak asasi siswa di sekolah melalui lembar pengamatan di sekolah.
-   Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku pelaksanaan hak asasi di rumah.

·      Mengasosiasi
- Membuat kesimpulan materi di atas.

·      Mengkomunikasikan
-          Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi di atas.
·      Tugas
-   Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang hak asasi dalam Islam


·      Observasi
-   Mengamati teman sejawat tentang perilaku pelaksanaan hak asasi di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat melalui lembar pengamatan.
-   Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat :
§ isi diskusi
§ sikap yg ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·      Portofolio
-   Membuat paparan analisis dari hasil observasi tentang perilaku pelaksanaan hak asasi.

·      Tes tulis
-   Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  hak asasi dalam Islam

·      Tes lisan
-   Menjelaskan hasil pengamatan tentang perilaku pelaksanaan hak asasi
6 jam pelajaran
1.2.Menghayati nilai-nilai mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairwt, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
Memperbaiki diri



2.2.Terbiasa melaksanakan mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabwqah bil khairwt, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif



3.2.Menganalisis mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairwt, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya
4.2.Menunjukkan contoh mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairwt, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya
·      Mengamati
-     Mencermati bacaan teks tentang mujahadah an-nafsi, musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya.
-       Mencermati manfaat dan hikmah mujahadah an-nafsi, musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya melalui tayangan video atau media lainnya.

·      Menanya
-   Menanya tentang pengertian mujahadah an-nafsi, musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya..
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Mendiskusikan mujahadah an-nafsi, musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya.

·      Mengasosiasi
-     Membuat kesimpulan dari diskusi tentang mujahadah an-nafsi, musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya.

·      Mengkomunikasikan
-   Mendemonstrasikan menyampaikan hasil diskusi tentang mujahadah an-nafsi, musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya. individu maupun kelompok

·      Observasi
-Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat :
§  kandungan ayat), manfaat dan hikmah perilaku mujahadah an-nafsi, musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya.
·      Sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan  perilaku mujahadah an-nafsi, musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya.
·      Portofolio
-Melaporkan hasil obervasi berupa paparan mujahadah an-nafsi, musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif dan kreatif

·      Tes tulis
-Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian mujahadah an-nafsi, musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,dinamis, inovatif dan kreatif

·      Tes lisan
-   Test hasil diskusi
6 jam pelajaran
1.3.Menyadari kewajiban menghindari riywtakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad
Bahaya sifat riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad



2.3.Menghindari perilaku riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad



3.3.Menganalisis pengertian dan bahaya riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad serta cara menghindarinya.
4.3.Mempresentasikan contoh sifat riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad serta cara menghindarinya
·      Mengamati
-     Mencermati bacaan teks tentang bahaya riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad.
-          Mencermati bahaaya perilaku riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad.

·      Menanya
-          Menanya tentang pengertian riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad.
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Mendiskusikan perilaku riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad.


·      Mengasosiasi
-   Membuat kesimpulan dari diskusi tentang mujahadah an-nafsi, riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad.

·      Mengkomunikasikan
-       Mendemonstrasikan menyampaikan hasil diskusi tentang riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad.
·   Tugas
-  Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang hak asasi dalam Islam
·   Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat :
§  Bahaya tentang bahaya riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad.
·   Portofolio
- Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang Bahaya tentang bahaya riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad

·   Tes tulis
-  Menjawab soal-soal tentang Bahaya tentang bahaya riya’, takabbur, nifaq, fasiq dan hasad

·   Tes lisan
-  Tes hasil diskusi

6 jam pelajaran
1.4.Menghayati nilai-nilai akhlak terpuji dalam adab mengundang dan memenuhi undangan
Adab mengundang dan memenuhi undangan



2.4. Membiasakan akhlak  terpuji ketika mengundang dan menerima undangan



3.4.Memahami adab mengundang dan memenuhi undangan
4.4. Mempraktikkan adab mengundang dan memenuhi undangan
·      Mengamati:
-   Mencermati bacaan teks tentang adab mengundang dan memenuhi undangan
-   Meyimak penjelasan materi terkait  melalui tayangan vidio atau media lainnya.

·      Menanya
Memberi stimulus agar peserta didik bertanya tentang pengertian dan penjelasan tentang adab mengundang dan memenuhi undangan
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Peserta didik mendiskusikan adab mengundang dan memenuhi undangan

·      Mengasosiasi
-          Membuat kesimpulan diskusi materi di atas.

·      Mengkomunikasikan
-          Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi di atas.
·      Tugas
-   Mengumpulkan data ( gambar, berita, artikel tentang adab mengundang dan memenuhi undangan ).

·      Observasi
-   Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat :
§  isi diskusi
§  sikap yg ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·      Portofolioan
-   Membuat paparan analisis dari hasil diskusi tentang dosa besar dan akibatnya

·      Tes tulis
-   Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  adab mengundang dan memenuhi undangan

·      Tes lisan
-   Menjelaskan hasil diskusi
6 jam pelajarann
1.5  Menghayati akhlak utama dari Abu Bakar
Keutamaan akhlak para sahabat



2.5. Meneladani akhlak utama dari Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.



3.5.Menganalisis akhlak utama dari Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
4.5. Menceritakan kisah teladan Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
·      Mengamati:
-   Mencermati bacaan teks tentang keutamaan akhlak para sahabat
-   Meyimak penjelasan materi terkait  melalui tayangan video atau media lainnya.

·      Menanya
Memberi stimulus agar peserta didik bertanya tentang keutamaan akhlak para sahabat

·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Peserta didik mendiskusikan keutamaan akhlak para sahabat.

·      Mengasosiasi
-          Membuat kesimpulan diskusi materi di atas.

·      Mengkomunikasikan
-          Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi di atas.
·      Tugas
-   Mengumpulkan data ( gambar, berita, artikel tentang akibat berbuat dosa ).

·      Observasi .
-   Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat :
§  isi diskusi
§  sikap yg ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·      Portofolioan
-   Membuat paparan analisis dari hasil diskusi tentang keutamaan akhlak para sahabat

·      Tes tulis
-   Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  keutamaan akhlak para sahabat

·      Tes lisan
-          Menjelaskan hasil diskusi
6 jam pelajaran


0 komentar:

Author

Write admin description here..

Free counters!
ERC.Net TAMBAKBERAS JOMBANG

Subscribe to our Mailing List

We'll never share your Email address.
Copyright © 2013 ca' go' ae wes. Powered by Blogger.
Blogger Template by Bloggertheme9
+6285748831888ramagok@gmail.com