SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Madrasah : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/PEINATAN : XII/ILMU-ILMU
KEAGAMAAN
SEMESTER : GANJIL
KOMPETENSI INTI :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan duniabangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1. Menyadari
bahwa Bahasa Arab adalah salah satu nikmat yang besar yang dianugerahkan oleh
Allah SWT.
|
-
|
|
·
Pengamatan (Observasi)
·
Penilaian diri
·
Penilai Teman Sebaya
·
Jurnal
|
|
|
1.2. Mensyukuri
nikmat Allah berupa kemampuan berbicara dengan baik dan lancar
|
-
|
|
·
Pengamatan (Observasi)
·
Penilaian diri
·
Penilai Teman Sebaya
·
Jurnal
|
|
|
1.3. Mensyukuri kemampuan mengungkapkan gagasan
dan ide dengan pembicaraan yang baik sehingga bisa dimengerti orang lain
|
-
|
|
·
Pengamatan (Observasi)
·
Penilaian diri
·
Penilai Teman Sebaya
·
Jurnal
|
|
|
1.4. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan
dalam semangat belajar
|
-
|
|
·
Pengamatan (Observasi)
·
Penilaian diri
·
Penilai Teman Sebaya
·
Jurnal
|
|
|
2.1.
Menunjukkan perilaku santun
dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman
|
|
|
·
Pengamatan (Observasi)
·
Penilaian diri
·
Penilai Teman Sebaya
·
Jurnal
|
|
|
2.2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
|
|
|
·
Pengamatan (Observasi)
·
Penilaian diri
·
Penilai Teman Sebaya
·
Jurnal
|
|
|
2.3. Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional
|
|
|
·
Pengamatan (Observasi)
·
Penilaian diri
·
Penilai Teman Sebaya
·
Jurnal
|
|
|
2.4. Menunjukan
perilaku santun, antusias, kreatif, ekspresif, interaktif, kerjasama, dan
imajinatif dalam menghargai budaya dan bahasa.
|
|
|
·
Pengamatan (Observasi)
·
Penilaian diri
·
Penilai Teman Sebaya
·
Jurnal
|
|
|
3.1.
Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan :الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا baik secara lisan maupun tertulis
|
Teks lisan dan tulis yang berkaitan dengan ayat Al-Quran, hadis, syair,
dan lagu Arab sesuai dengan Tarkib yang diprogramkan.
Unsur kebahasaan
(1) Kosa
kata terkait dengan ayat Al-Quran, hadis, syair,
dan lagu Arab.
(2)
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(3)
Ejaan dan tanda baca
(4)
Tulisan tangan
|
· Mengamati dan menyimak pelafalan
kosa kata dan kalimat sesuai topik yang dibaca oleh guru/model/native
speaker.
·
Mendengarkan kata-kata yang mengandung makna sesuai
tema.
·
Membaca kalimat per kalimat dalam teks sesuai topik.
·
Membaca isi wacana tulis sesuai tema.
·
Mencari informasi umum/tema dari suatu wacana
lisan/tulisan.
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang topik yang
dipelajari.
·
Menjawab pertanyaan dari wacana sederhana secara
tertulis/lisan.
·
Melakukan tanya jawab dalam role play sesuai topik.
·
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara
sesuai topik.
·
Secara berpasangan melakukan percakapan sesuai konteks
tentang keadaan/deskripsi sesuatu sesuai tema secara lisan.
·
Mengumpulkan kosakata tentang tema yang diprogramkan
dari buku, majalah, internet dan
sumber lain.
·
Menyimpulkan makna dalam teks
·
Melafalkan kata sesuai tema yang diperdengarkan.
· Menentukan isi wacana lisan
maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
· Menemukan informasi umum/tema
dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Menyimpulkan isi wacana lisan
maupun tulisan.
· Menyampaikan isi wacana secara
lisan maupun tulisan.
|
Teknik Penilaian Pengetahuan
1. Tes Tertulis
2. Observasi
3. Penugasan
Teknik Penilaian Keterampilan
1. Portofolio
2. Unjuk Kerja/Praktik
3. Produk
4. Projek
|
24 JP
|
Sumber
-
Buku Bahasa
Arab Peminatan Keagamaan kelas XII.
-
Kamus Arab
-Indonesia/
Indonesia - Arab
-
Internet
Alat
-
Audio
-
Slide
-
LCD
-
Papan tulis
-
Spidol
|
3.2. Memahami
lafal kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث
النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا
|
|||||
3.3. Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase,
dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan : الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا
|
|||||
4.1. Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan
tepat dan lancar terkait :الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا dengan memerhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
|
|||||
4.2. Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana
tentang:الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث
النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا dengan
memerhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai konteks
|
|||||
3.4. Memahami secara sederhana unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik:الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث
النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا yang sesuai
dengan konteks penggunaannya (Balaghah
dan Obyek Bahasanya, Tasybih Baligh dan Tasybih Tamtsil, Isti`aroh
Tashrihiyah dan Isti`aroh makniyah, Isti’arah Tamtsiliyyan dan Amtsal, Majaz
Mursal dan Alaqohnya, Kinayah dan Ta’ridl, Ijaz)
|
المقدمة : البلاغة وموضوعها
التشبيه : البليغ والتمثيل
الاستعارة التصريحية (metafora) والاستعارة المكنية (personifikasi)
الاستعارة التمثيلية والأمثال
المجاز المرسل وعلاقاته : الجزيئة والكلية، والسببية والمسببية، والمحلية.
الكناية والتعريض (metonimi, sindiran)
الإيجاز: إيجاز القصر وإيجاز الحذف (elips)
|
· Menyaksikan, menyimak, meniru, dan
berpartisipasi dalam tulisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait ayat Al-Quran, hadis, syair atau lagu Arab sangat sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai dengan konteks
· Mengamati contoh-contoh sastra Arab
misalnya, kata-kata bijak, dan sebagainya.
· Membaca teks sastra Arab, misalnya teks yang
mengandung kata-kata bijak, dan sebagainya.
· Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terdapat dalam tulisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan ayat Al-Quran, hadis, syair atau lagu Arab
· Melakukan tanya jawab tentang jenis sastra Arab
yang dipelajari dan padanannya dalam bahasa Indonesia
· Melakukan monolog secara lisan dengan
memberi dan meminta informasi terkait dengan ayat Al-Quran, hadis, syair atau lagu Arab sangat sederhana dengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam
kehidupan di sekolah dan masyarakat
· Mengumpulkan teks-teks yang didalamnya
terdapat sastra Arab yang dipelajari, misalnya terdapat kata-kata bijak, dan
sebagainya.
· Menemukan makna kalimat, nilai dan budaya
dalam teks sastra Arab yang dipelajari.
· Mencari persamaan dari teks sastra Arab
dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia.
· Menemukan nilai dan budaya dalam sastra Arab
yang dipelajari.
· Menulis sederhana
pengalaman pribadi/orang lain terkait memberi dan meminta informasi terkait dengan ayat Al-Quran, hadis, syair atau lagu Arab sangat sederhana secara pendek dan
sederhana.
· Membahas pengalaman belajar berinteraksi
yang melibatkan tindakan secara lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan syair atau lagu
Arab sangat sederhana.
·
Menjelaskan isi
ungkapan teks sastra Arab yang dipelajari.
·
Menyampaikan makna
kalimat, pesan, nilai, dan budaya dalam teks sastra Arab yang dipelajari
secara lisan maupun tulisan.
|
Teknik Penilaian Pengetahuan
1. Tes Tertulis
2. Observasi
3. Penugasan
Teknik Penilaian Keterampilan
1. Portofolio
2. Unjuk Kerja/Praktik
3. Produk
4. Projek
|
24 JP
|
Sumber
-
Buku Bahasa
Arab Peminatan Keagamaan kelas XII.
-
Kamus Arab
-Indonesia/
Indonesia - Arab
-
Internet
Alat
-
Audio
-
Slide
-
LCD
-
Papan tulis
-
Spidol
|
4.3. Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk
mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap
terkait topik:الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث
النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا dengan
memerhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai dengan konteks (Balaghah dan
Obyek Bahasanya, Tasybih Baligh dan Tasybih Tamtsil, Isti`aroh Tashrihiyah
dan Isti`aroh makniyah, Isti’arah Tamtsiliyyan dan Amtsal, Majaz Mursal dan
Alaqohnya, Kinayah dan Ta’ridl, Ijaz).
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Madrasah : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/PEINATAN : XII/ILMU-ILMU
KEAGAMAAN
SEMESTER : GENAP
KOMPETENSI INTI :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan duniabangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER/
ALAT
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1. Menyadari
bahwa Bahasa Arab adalah salah satu nikmat yang besar yang dianugerahkan oleh
Allah SWT.
|
-
|
|
·
Pengamatan (Observasi)
·
Penilaian diri
·
Penilai Teman Sebaya
·
Jurnal
|
|
|
1.2. Mensyukuri
nikmat Allah berupa kemampuan berbicara dengan baik dan lancar
|
-
|
|
·
Pengamatan (Observasi)
·
Penilaian diri
·
Penilai Teman Sebaya
·
Jurnal
|
|
|
1.3. Mensyukuri kemampuan mengungkapkan gagasan
dan ide dengan pembicaraan yang baik sehingga bisa dimengerti orang lain
|
-
|
|
·
Pengamatan (Observasi)
·
Penilaian diri
·
Penilai Teman Sebaya
·
Jurnal
|
|
|
1.4. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan
dalam semangat belajar
|
-
|
|
·
Pengamatan (Observasi)
·
Penilaian diri
·
Penilai Teman Sebaya
·
Jurnal
|
|
|
2.2.
Menunjukkan perilaku santun
dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman
|
|
|
·
Pengamatan (Observasi)
·
Penilaian diri
·
Penilai Teman Sebaya
·
Jurnal
|
|
|
2.2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
|
|
|
·
Pengamatan (Observasi)
·
Penilaian diri
·
Penilai Teman Sebaya
·
Jurnal
|
|
|
2.3. Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional
|
|
|
·
Pengamatan (Observasi)
·
Penilaian diri
·
Penilai Teman Sebaya
·
Jurnal
|
|
|
2.4. Menunjukan
perilaku santun, antusias, kreatif, ekspresif, interaktif, kerjasama, dan
imajinatif dalam menghargai budaya dan bahasa.
|
|
|
·
Pengamatan (Observasi)
·
Penilaian diri
·
Penilai Teman Sebaya
·
Jurnal
|
|
|
3.1.
Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan :الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا baik secara lisan maupun tertulis
|
Teks lisan dan tulis yang berkaitan dengan ayat Al-Quran, hadis, syair,
dan lagu Arab sesuai dengan Tarkib yang diprogramkan.
Unsur kebahasaan
(1) Kosa
kata terkait dengan ayat Al-Quran, hadis, syair,
dan lagu Arab.
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(3)
Ejaan dan tanda baca
(4)
Tulisan tangan
|
· Mengamati dan menyimak pelafalan
kosa kata dan kalimat sesuai topik yang dibaca oleh guru/model/native
speaker.
·
Mendengarkan kata-kata yang mengandung makna sesuai
tema.
·
Membaca kalimat per kalimat dalam teks sesuai topik.
·
Membaca isi wacana tulis sesuai tema.
·
Mencari informasi umum/tema dari suatu wacana
lisan/tulisan.
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang topik yang
dipelajari.
·
Menjawab pertanyaan dari wacana sederhana secara
tertulis/lisan.
·
Melakukan tanya jawab dalam role play sesuai topik.
·
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara
sesuai topik.
·
Secara berpasangan melakukan percakapan sesuai konteks
tentang keadaan/deskripsi sesuatu sesuai tema secara lisan.
·
Mengumpulkan kosakata tentang tema yang diprogramkan
dari buku, majalah, internet dan
sumber lain.
·
Menyimpulkan makna dalam teks
·
Melafalkan kata sesuai tema yang diperdengarkan.
· Menentukan isi wacana lisan
maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
· Menemukan informasi umum/tema
dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Menyimpulkan isi wacana lisan
maupun tulisan.
· Menyampaikan isi wacana secara
lisan maupun tulisan.
|
Teknik Penilaian Pengetahuan
1. Tes Tertulis
2. Observasi
3. Penugasan
Teknik Penilaian Keterampilan
1. Portofolio
2. Unjuk Kerja/Praktik
3. Produk
4. Projek
|
24 JP
|
Sumber
-
Buku Bahasa
Arab Peminatan Keagamaan kelas XII.
-
Kamus Arab
-Indonesia/
Indonesia - Arab
-
Internet
Alat
-
Audio
-
Slide
-
LCD
-
Papan tulis
-
Spidol
|
3.2. Memahami
lafal kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث
النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا
|
|||||
3.3. Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase,
dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan : الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا
|
|||||
4.1. Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan
tepat dan lancar terkait :الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا dengan memerhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
|
|||||
4.2. Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana
tentang:الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث
النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا dengan
memerhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai konteks
|
|||||
3.4. Memahami secara sederhana unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik:الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث
النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا yang sesuai
dengan konteks penggunaannya (Qashr,
Tikrar, Iltifat, Saja’ dan Jinas Tam, Thibaq dan Muqabalah, serta Mubalaghah)
|
القصر (pemfokusan)
التكرار (pengulangan,
repetisi)
الالتفات (inklinasi)
السجع (asonansi)
والجناس التام
الطباق والمقابلة (antitesis,
multipel-antitesis )
المبالغة (hiperbol)
|
· Menyaksikan, menyimak, meniru, dan
berpartisipasi dalam tulisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait ayat Al-Quran, hadis, syair atau lagu Arab sangat sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai dengan konteks
· Mengamati contoh-contoh sastra Arab
misalnya, kata-kata bijak, dan sebagainya.
· Membaca teks sastra Arab, misalnya teks yang
mengandung kata-kata bijak, dan sebagainya.
· Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terdapat dalam tulisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan ayat Al-Quran, hadis, syair atau lagu Arab
· Melakukan tanya jawab tentang jenis sastra Arab
yang dipelajari dan padanannya dalam bahasa Indonesia
· Melakukan monolog secara lisan dengan
memberi dan meminta informasi terkait dengan ayat Al-Quran, hadis, syair atau lagu Arab sangat sederhana dengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam
kehidupan di sekolah dan masyarakat
· Mengumpulkan teks-teks yang didalamnya
terdapat sastra Arab yang dipelajari, misalnya terdapat kata-kata bijak, dan
sebagainya.
· Menemukan makna kalimat, nilai dan budaya
dalam teks sastra Arab yang dipelajari.
· Mencari persamaan dari teks sastra Arab
dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia.
· Menemukan nilai dan budaya dalam sastra Arab
yang dipelajari.
· Menulis sederhana
pengalaman pribadi/orang lain terkait memberi dan meminta informasi terkait dengan ayat Al-Quran, hadis, syair atau lagu Arab sangat sederhana secara pendek dan
sederhana.
· Membahas pengalaman belajar berinteraksi
yang melibatkan tindakan secara lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan syair atau lagu
Arab sangat sederhana.
·
Menjelaskan isi
ungkapan teks sastra Arab yang dipelajari.
·
Menyampaikan makna
kalimat, pesan, nilai, dan budaya dalam teks sastra Arab yang dipelajari
secara lisan maupun tulisan.
|
Teknik Penilaian Pengetahuan
1. Tes Tertulis
2. Observasi
3. Penugasan
Teknik Penilaian Keterampilan
1. Portofolio
2. Unjuk Kerja/Praktik
3. Produk
4. Projek
|
24 JP
|
Sumber
-
Buku Bahasa
Arab Peminatan Keagamaan kelas XII.
-
Kamus Arab
-Indonesia/
Indonesia - Arab
-
Internet
Alat
-
Audio
-
Slide
-
LCD
-
Papan tulis
-
Spidol
|
4.3. Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk
mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap
terkait topik:الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث
النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا dengan
memerhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai dengan konteks (Qashr,
Tikrar, Iltifat, Saja’ dan Jinas Tam, Thibaq dan Muqabalah, serta Mubalaghah).
|
0 komentar: