SILABUS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Posted by wong bojonegoro ndeso  |  Tagged as:

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Madrasah :    Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran :    Bahasa Arab
Kelas/PEINATAN   :   XII/ILMU-ILMU KEAGAMAAN
SEMESTER               :    GANJIL


KOMPETENSI INTI :
KI 1     :    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     :    Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan duniabangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3     :    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4     :    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.1.  Menyadari bahwa Bahasa Arab adalah salah satu nikmat yang besar yang dianugerahkan oleh Allah SWT.
-           

·   Pengamatan (Observasi)
·   Penilaian diri
·   Penilai Teman Sebaya
·   Jurnal


1.2.  Mensyukuri nikmat Allah berupa kemampuan berbicara dengan baik dan lancar
-           

·   Pengamatan (Observasi)
·   Penilaian diri
·   Penilai Teman Sebaya
·   Jurnal


1.3.  Mensyukuri kemampuan mengungkapkan gagasan dan ide dengan pembicaraan yang baik sehingga bisa dimengerti orang lain
-           

·   Pengamatan (Observasi)
·   Penilaian diri
·   Penilai Teman Sebaya
·   Jurnal


1.4.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
-           

·   Pengamatan (Observasi)
·   Penilaian diri
·   Penilai Teman Sebaya
·   Jurnal


2.1.   Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman


·   Pengamatan (Observasi)
·   Penilaian diri
·   Penilai Teman Sebaya
·   Jurnal


2.2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman


·   Pengamatan (Observasi)
·   Penilaian diri
·   Penilai Teman Sebaya
·   Jurnal


2.3.  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional


·   Pengamatan (Observasi)
·   Penilaian diri
·   Penilai Teman Sebaya
·   Jurnal


2.4.  Menunjukan perilaku santun, antusias, kreatif, ekspresif, interaktif, kerjasama, dan imajinatif dalam menghargai budaya dan bahasa.


·   Pengamatan (Observasi)
·   Penilaian diri
·   Penilai Teman Sebaya
·   Jurnal


3.1.  Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا baik secara lisan maupun tertulis
Teks lisan dan tulis yang berkaitan dengan ayat Al-Quran, hadis, syair, dan lagu Arab sesuai dengan Tarkib yang diprogramkan.
Unsur kebahasaan
(1) Kosa kata terkait dengan  ayat Al-Quran, hadis, syair, dan lagu Arab.
(2)    Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(3) Ejaan dan tanda baca
(4) Tulisan tangan
·      Mengamati dan menyimak pelafalan kosa kata dan kalimat sesuai topik yang dibaca oleh guru/model/native speaker.
·      Mendengarkan kata-kata yang mengandung makna sesuai tema.
·      Membaca kalimat per kalimat dalam teks sesuai topik.
·      Membaca isi wacana tulis sesuai tema.
·      Mencari informasi umum/tema dari suatu wacana lisan/tulisan.
·      Melakukan tanya jawab sederhana tentang topik yang dipelajari.
·      Menjawab pertanyaan dari wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·      Melakukan tanya jawab dalam role play sesuai topik.
·      Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai topik.
·      Secara berpasangan melakukan percakapan sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu sesuai tema secara lisan.
·      Mengumpulkan kosakata tentang tema yang diprogramkan dari  buku, majalah, internet dan sumber lain.
·      Menyimpulkan makna dalam teks
·      Melafalkan kata sesuai tema yang diperdengarkan.
·      Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·      Menemukan informasi umum/tema dari suatu wacana lisan/tulisan.
·      Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·      Menyampaikan isi wacana secara lisan maupun tulisan.
Teknik Penilaian Pengetahuan
1.  Tes Tertulis
2.  Observasi
3.  Penugasan
Teknik Penilaian Keterampilan
1.  Portofolio
2.  Unjuk Kerja/Praktik
3.  Produk
4.  Projek

24 JP
Sumber
-   Buku Bahasa Arab Peminatan Keagamaan kelas XII.
-   Kamus Arab -Indonesia/
Indonesia - Arab
-   Internet

Alat
-   Audio
-   Slide
-   LCD
-   Papan tulis
-   Spidol
3.2.  Memahami lafal kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا
3.3. Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan : الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا
4.1. Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait :الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا dengan memerhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
4.2. Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang:الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا dengan memerhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
3.4. Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik:الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا yang sesuai dengan konteks penggunaannya (Balaghah dan Obyek Bahasanya, Tasybih Baligh dan Tasybih Tamtsil, Isti`aroh Tashrihiyah dan Isti`aroh makniyah, Isti’arah Tamtsiliyyan dan Amtsal, Majaz Mursal dan Alaqohnya, Kinayah dan Ta’ridl, Ijaz)
المقدمة : البلاغة وموضوعها
التشبيه : البليغ والتمثيل
الاستعارة التصريحية (metafora)   والاستعارة المكنية  (personifikasi)
الاستعارة التمثيلية والأمثال
المجاز المرسل وعلاقاته : الجزيئة والكلية، والسببية والمسببية، والمحلية.
الكناية والتعريض  (metonimi, sindiran)
الإيجاز: إيجاز القصر وإيجاز الحذف (elips)

·       Menyaksikan, menyimak, meniru, dan berpartisipasi dalam tulisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait ayat Al-Quran, hadis, syair atau lagu Arab sangat sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai dengan konteks
·       Mengamati contoh-contoh sastra Arab misalnya, kata-kata bijak, dan sebagainya.
·       Membaca teks sastra Arab, misalnya teks yang mengandung kata-kata bijak, dan sebagainya.
·       Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terdapat dalam tulisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan ayat Al-Quran, hadis, syair atau lagu Arab
·       Melakukan tanya jawab tentang jenis sastra Arab yang dipelajari dan padanannya dalam bahasa Indonesia
·       Melakukan monolog secara lisan dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan ayat Al-Quran, hadis, syair atau lagu Arab sangat sederhana dengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
·       Mengumpulkan teks-teks yang didalamnya terdapat sastra Arab yang dipelajari, misalnya terdapat kata-kata bijak, dan sebagainya.
·       Menemukan makna kalimat, nilai dan budaya dalam teks sastra Arab yang dipelajari.
·       Mencari persamaan dari teks sastra Arab dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia.
·       Menemukan nilai dan budaya dalam sastra Arab yang dipelajari.
·       Menulis sederhana pengalaman pribadi/orang lain terkait memberi dan meminta informasi terkait dengan ayat Al-Quran, hadis, syair atau lagu Arab sangat sederhana secara pendek dan sederhana.
·       Membahas pengalaman belajar berinteraksi yang melibatkan tindakan secara lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan syair atau lagu Arab sangat sederhana.
·         Menjelaskan isi ungkapan teks sastra Arab yang dipelajari.
·         Menyampaikan makna kalimat, pesan, nilai, dan budaya dalam teks sastra Arab yang dipelajari secara lisan maupun tulisan.
Teknik Penilaian Pengetahuan
1.  Tes Tertulis
2.  Observasi
3.  Penugasan
Teknik Penilaian Keterampilan
1.  Portofolio
2.  Unjuk Kerja/Praktik
3.  Produk
4.  Projek

24 JP
Sumber
-   Buku Bahasa Arab Peminatan Keagamaan kelas XII.
-   Kamus Arab -Indonesia/
Indonesia - Arab
-   Internet

Alat
-   Audio
-   Slide
-   LCD
-   Papan tulis
-   Spidol
4.3. Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik:الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا dengan memerhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks (Balaghah dan Obyek Bahasanya, Tasybih Baligh dan Tasybih Tamtsil, Isti`aroh Tashrihiyah dan Isti`aroh makniyah, Isti’arah Tamtsiliyyan dan Amtsal, Majaz Mursal dan Alaqohnya, Kinayah dan Ta’ridl, Ijaz).




SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Madrasah :    Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran :    Bahasa Arab
Kelas/PEINATAN   :   XII/ILMU-ILMU KEAGAMAAN
SEMESTER               :    GENAP

KOMPETENSI INTI :
KI 1     :    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     :    Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan duniabangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3     :    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4     :    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/
ALAT
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.1.  Menyadari bahwa Bahasa Arab adalah salah satu nikmat yang besar yang dianugerahkan oleh Allah SWT.
-           

·   Pengamatan (Observasi)
·   Penilaian diri
·   Penilai Teman Sebaya
·   Jurnal


1.2.  Mensyukuri nikmat Allah berupa kemampuan berbicara dengan baik dan lancar
-           

·   Pengamatan (Observasi)
·   Penilaian diri
·   Penilai Teman Sebaya
·   Jurnal


1.3.  Mensyukuri kemampuan mengungkapkan gagasan dan ide dengan pembicaraan yang baik sehingga bisa dimengerti orang lain
-           

·   Pengamatan (Observasi)
·   Penilaian diri
·   Penilai Teman Sebaya
·   Jurnal


1.4.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
-           

·   Pengamatan (Observasi)
·   Penilaian diri
·   Penilai Teman Sebaya
·   Jurnal


2.2.   Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman


·   Pengamatan (Observasi)
·   Penilaian diri
·   Penilai Teman Sebaya
·   Jurnal


2.2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman


·   Pengamatan (Observasi)
·   Penilaian diri
·   Penilai Teman Sebaya
·   Jurnal


2.3.  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional


·   Pengamatan (Observasi)
·   Penilaian diri
·   Penilai Teman Sebaya
·   Jurnal


2.4.  Menunjukan perilaku santun, antusias, kreatif, ekspresif, interaktif, kerjasama, dan imajinatif dalam menghargai budaya dan bahasa.


·   Pengamatan (Observasi)
·   Penilaian diri
·   Penilai Teman Sebaya
·   Jurnal


3.1.  Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا baik secara lisan maupun tertulis
Teks lisan dan tulis yang berkaitan dengan ayat Al-Quran, hadis, syair, dan lagu Arab sesuai dengan Tarkib yang diprogramkan.
Unsur kebahasaan
(1) Kosa kata terkait dengan  ayat Al-Quran, hadis, syair, dan lagu Arab.
(3)    Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(3) Ejaan dan tanda baca
(4) Tulisan tangan
·      Mengamati dan menyimak pelafalan kosa kata dan kalimat sesuai topik yang dibaca oleh guru/model/native speaker.
·      Mendengarkan kata-kata yang mengandung makna sesuai tema.
·      Membaca kalimat per kalimat dalam teks sesuai topik.
·      Membaca isi wacana tulis sesuai tema.
·      Mencari informasi umum/tema dari suatu wacana lisan/tulisan.
·      Melakukan tanya jawab sederhana tentang topik yang dipelajari.
·      Menjawab pertanyaan dari wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·      Melakukan tanya jawab dalam role play sesuai topik.
·      Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai topik.
·      Secara berpasangan melakukan percakapan sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu sesuai tema secara lisan.
·      Mengumpulkan kosakata tentang tema yang diprogramkan dari  buku, majalah, internet dan sumber lain.
·      Menyimpulkan makna dalam teks
·      Melafalkan kata sesuai tema yang diperdengarkan.
·      Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·      Menemukan informasi umum/tema dari suatu wacana lisan/tulisan.
·      Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·      Menyampaikan isi wacana secara lisan maupun tulisan.
Teknik Penilaian Pengetahuan
1.  Tes Tertulis
2.  Observasi
3.  Penugasan
Teknik Penilaian Keterampilan
1.  Portofolio
2.  Unjuk Kerja/Praktik
3.  Produk
4.  Projek

24 JP
Sumber
-   Buku Bahasa Arab Peminatan Keagamaan kelas XII.
-   Kamus Arab -Indonesia/
Indonesia - Arab
-   Internet

Alat
-   Audio
-   Slide
-   LCD
-   Papan tulis
-   Spidol
3.2.  Memahami lafal kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا
3.3. Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan : الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا
4.1. Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait :الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا dengan memerhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
4.2. Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang:الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا dengan memerhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
3.4. Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik:الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا yang sesuai dengan konteks penggunaannya (Qashr, Tikrar, Iltifat, Saja’ dan Jinas Tam, Thibaq dan Muqabalah, serta Mubalaghah)
القصر  (pemfokusan)
التكرار   (pengulangan, repetisi)
الالتفات   (inklinasi)
السجع (asonansiوالجناس التام
الطباق والمقابلة  (antitesis, multipel-antitesis )
المبالغة     (hiperbol)  

·       Menyaksikan, menyimak, meniru, dan berpartisipasi dalam tulisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait ayat Al-Quran, hadis, syair atau lagu Arab sangat sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai dengan konteks
·       Mengamati contoh-contoh sastra Arab misalnya, kata-kata bijak, dan sebagainya.
·       Membaca teks sastra Arab, misalnya teks yang mengandung kata-kata bijak, dan sebagainya.
·       Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terdapat dalam tulisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan ayat Al-Quran, hadis, syair atau lagu Arab
·       Melakukan tanya jawab tentang jenis sastra Arab yang dipelajari dan padanannya dalam bahasa Indonesia
·       Melakukan monolog secara lisan dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan ayat Al-Quran, hadis, syair atau lagu Arab sangat sederhana dengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
·       Mengumpulkan teks-teks yang didalamnya terdapat sastra Arab yang dipelajari, misalnya terdapat kata-kata bijak, dan sebagainya.
·       Menemukan makna kalimat, nilai dan budaya dalam teks sastra Arab yang dipelajari.
·       Mencari persamaan dari teks sastra Arab dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia.
·       Menemukan nilai dan budaya dalam sastra Arab yang dipelajari.
·       Menulis sederhana pengalaman pribadi/orang lain terkait memberi dan meminta informasi terkait dengan ayat Al-Quran, hadis, syair atau lagu Arab sangat sederhana secara pendek dan sederhana.
·       Membahas pengalaman belajar berinteraksi yang melibatkan tindakan secara lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan syair atau lagu Arab sangat sederhana.
·         Menjelaskan isi ungkapan teks sastra Arab yang dipelajari.
·         Menyampaikan makna kalimat, pesan, nilai, dan budaya dalam teks sastra Arab yang dipelajari secara lisan maupun tulisan.
Teknik Penilaian Pengetahuan
1.  Tes Tertulis
2.  Observasi
3.  Penugasan
Teknik Penilaian Keterampilan
1.  Portofolio
2.  Unjuk Kerja/Praktik
3.  Produk
4.  Projek

24 JP
Sumber
-   Buku Bahasa Arab Peminatan Keagamaan kelas XII.
-   Kamus Arab -Indonesia/
Indonesia - Arab
-   Internet

Alat
-   Audio
-   Slide
-   LCD
-   Papan tulis
-   Spidol
4.3. Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik:الآيات القرآنية وما تيسر من الأحاديث النبوية وكلام العرب شعرا أونثرا dengan memerhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks (Qashr, Tikrar, Iltifat, Saja’ dan Jinas Tam, Thibaq dan Muqabalah, serta Mubalaghah).


0 komentar:

Author

Write admin description here..

Free counters!
ERC.Net TAMBAKBERAS JOMBANG

Subscribe to our Mailing List

We'll never share your Email address.
Copyright © 2013 ca' go' ae wes. Powered by Blogger.
Blogger Template by Bloggertheme9
+6285748831888ramagok@gmail.com