Perkembangan MTsN Tambakberas Jombang

Posted by wong bojonegoro ndeso  |  Tagged as:

Perkembangan MTsN Tambakberas Jombang

Kota Jombang merupakan basis dari pondok pesantren. Hal ini dapat diketahui dengan adanya berbagai pondok pesantren yang tumbuh dan berkembang pesat. Salah satu ari pesantren tersebut adalah pondok Pesantren Bahrul Ulum. Bahrul Ulum merupakan pemberian nama oleh KH. Abdul Wahab Hasbllah tahun 1967. Pada tahun 1969, ketika Menteri Agama waktu itu KH. M. Dahlan berkunjung ke Tambakberas telah disepakati bersama antara KH. Abdul Wahab dan KH. M. Dahlan untuk mendirikan madrasah. Secara resmi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tambakberas Jombang dibuka pada tanggal 4 Maret 1969 sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama RI No. 23 Tahun 1969 dengan nama Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri (MTsAIN) Tambakberas Jombang. Pada saat itu keberadaan MTsN masih bergabung dengan Muallimin dengan masa pendidikan selama 6 tahun, yaitu:

1. Kelas I, II dan III Muallimin menjadi MTs.AIN (Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri).

2. Kelas IV, V dan VI Muallimin menjadi MAAIN (Madrasah Aliyah Agama Islam Negeri)

Pada saat diresmikanya mualimin menjadi MTs.AIN jumlah kelasnya sudah lengkap yaitu 3 (tiga) kelas dengan jumlah siswa 191 orang, sedang untuk siswa putrid pada saat itu belum ada. Pendaftaran siswa putrid dibuka pada tahun ajaran berikutnya, tahun 1973 pembukaan pendaftaran siswa putri tidak mengalami hambatan, karena kelas 1 (satu) Mualimin telah siap menerima lulusan siswa kelas VI MI Bahrul Ulum 1972 untuk tahun ajaran 1972. Dan kedua madrasah tersebut sama-sama masih eksis serta sama-sama berkembang pesat sampai sekarang.

Sejak didirikan hingga menjadi MTsN, lembaga in sudah menjadi lima kali mengalami pergantian kepala madrasah, namun selalu terus mengalami kemajuan dan pengurusnya selalu berperan aktif sebagaimana fungsinya memberikan kotribusi dalam memajukan madrasah.

Dibawah ini periodisas kepemimpinan MTsN Tambakberas Jombang dengan segala upayanya:

A. Periode Pertama

Kepala Madrasah : Drs. H. M. Syamsul Huda As. SH, M. Hi

Masa Jabatan : Tahun 1969 s/d 1980

B. Periode Kedua

Kepala Madrasah : KH. Ach. Fatih AR (Alm.)

Masa Jabatan : Tahun 1980 s/d 1993

C. Periode Ketiga

Kepala Madrasah : Drs. KH. Amanullah AR (Alm.)

Masa Jabatan : Tahun 1993 s/d 1998

D. Periode keempat

Kepala Madrasah : Drs. K. H. Ach. Hasan, M. PdI.

Masa Jabatan : Tahun 1998 s/d 2008

E. Periode Kelima

Kepala Madrasah : Drs. H. Anshori

Masa Jabatan : Tahun 2008 s/d Sekarang

Pada periode kelima ini kepala Madrasah tinggal mefungsikan gedung baru (Program pemerintah) secara maksimal serta melengkapi sarana-sarana penunjang lainnya. Sedangkan untuk lebih meningkatkan kualitas siswa maka pada periode ini program yang dilaksanakan adalah:

a. Pengadaan tanah lokasi siswa putrid secara swadaya dengan luas 2. 275 m2

b. Pembangunan gedung local belajar siswa putrid secara swadaya sebanyak 20 lokal dan sarana penunjang yang lain.

c. Peningkatan mutu proses belajar mengajar dan melengkapi perangkat lunak

d. Mengembangkan dan meningkatkan kegiatan extra kulikuler

e. Menciptakan lingkungan dan suasana belajar yang nyaman dan tenaga pendidik yang professional dan penuh kasih sayang

f. Manajemen yang kokoh dan berkesinambungan

g. Mengantarkan peserta didik menyongsong sukses dan masa depan yang cemerlang.

2. Status Kelembagaan

Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tambakberas Jombang merupakan bagian dari lembaga pendidikan yang ada di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul’ Ulum. Sejak berdiri pada tahun 1969, MTsN telah mengalami banyak kemajuan baik secara kualitas maupun kuantitasnya. Sebagai lembaga pendidik formal, MTsN juga ikut berperan serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai salah satu tujuan Negara Indonesia.

Peningkatan aspek telah dilakukan oleh MTsN Tambakberas sebagai usaha untuk mengembangkan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang mengahasilkan out put yang berkualitas. Berbagai peningkatan tersebut adalah kurikulum, sarana dan prasarana, serta kualitas dari guru sebagai media transformasi ilmu. Pengembangan aspek koknitif, efiktif dan psikomotorik yang ada pada siswa juga tidak terlepas dari usaha untuk mengembangkan dan menghasilkan out put yang seimbang, yaitu siswa yang bertaqwa mempunyai kemampuan iptek.

Optimalisasi dalam meningkatkan eksistensi MTsN Tambakberas merupakan usaha dalam mewujudkan visi dan misi yang telah menjadi pedoman.

Untuk lebih memperjelas tentang MTsN, pendiri menyediakan table berikut yang berisi tentang keterangan lembaga Madrasah Tsanawiyah Negeri Tambak beras Jombang sebagai berikut:

0 komentar:

Author

Write admin description here..

Free counters!
ERC.Net TAMBAKBERAS JOMBANG

Subscribe to our Mailing List

We'll never share your Email address.
Copyright © 2013 ca' go' ae wes. Powered by Blogger.
Blogger Template by Bloggertheme9
+6285748831888ramagok@gmail.com