Pengaruh Kegiatan Tahfidzul Al-Qur’an terhadap prestasi belajar

Posted by wong bojonegoro ndeso  |  Tagged as:


Pengaruh  Kegiatan Tahfidzul Al-Qur’an terhadap prestasi belajar

Prestasi belajar adalah suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seorang siswa dalam melakukan kegiatan belajarnya yang dituangkan dalam raport yang meliputi kegiatan akademik maupun non akademik
Sehubungan dengan meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar yang mampu berkompetisi dalam imtak dan iptek maka perlu diadakan kegiatan-kegiatan yang mendukung terhadap mutu pendidikan dan prestasi belajar.
Pendidikan merupakan upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Terutama untuk kegiatan Tahfidzul Al-Qur’an mempunyai peranan dan kedudukan yang sangat penting dalam meningkatkan kepribadian dan membangun manusia seutuhnya yang bertaqwa kepada Allah SWT.
Kegiatan Tahfidzul Al-Qur’an tidak hanya dilihat dan dinilai setoran hafalannya saja, tetapi juga perubahan perilaku, pola pikir, kepribadian seorang siswa, karena seseorang dikatakan berhasil tidak hanya menguasai materi tetapi yang lebih utama adalah implementasinya.
Suatu proses yang diinginkan dalam usaha kependidikan adalah proses yang terarah dan bertujuan untuk mengarahkan peserta didik kepada titik optimal kemampuannya. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai adalah meretas seorang hafidz plus ilmuwan dan utuh sebagai individual dan sosial serta hamba Tuhan yang mengabdikan diri kepda-Nya.
Otak memiliki 10 sampai 15 triliun sel saraf, dan masing-masing sel saraf itu mempunyai ribuan sambungan. Otak manusia terdiri dari belahan otak kiri dan otak kanan. Kedua bagian otak tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Fungsi utama belahan otak kiri adalah untuk menangkap persepsi kognitif, menghafal, berfikir linier, dan teratur. Sedangkan belahan otak kanan lebih terkait dengan persepsi holistik, imajinatif dan kreatif.
Oleh karena itu tantangan dan tanggung jawab yang dihadapi oleh penghafal Al-Qur’an memang sangat berat. Bahkan lebih berat dari pada orang yang tidak menghafal Al-Qur’an. bayangkan saja selain kegiatan menghafal dan memelihara hafalan, seorang hafiz (penghafal Al-Qur’an) juga dituntut untuk menjalani kegiatan yang lain seperti belajar bagi siswa atau mencari nafkah bagi pekerja atau pengusaha.
Terlebih lagi jam pelajaran di Madrasah dan pelajaran di pondok pesantren banyak menyedot waktu, sedangkan menghafal hanya memanfaatkan sisa waktu. 
Ada suatu anggapan bahwa seseorang yang menghafal al-quran tidak lagi mampu menyerap pelajaran yang lainnya, karena otaknya telah dijelajahi oleh muatan hafalan al-quran, benarkah demikian? Perlu ditegaskan bahwa gudang memori tidak penuh dengan informasi yang dimasukkan kedalamnya walaupun disimpan berulang-ulang, karena otak diakui oleh para akar berkemampuan nyaris tanpa batas. Menurut Toni Buzan, kapasitas memori otak adalah 10800  (angka 10 dengan 0 sebanyak 800 dibelakangnya) sedangkan jumlah atom dialam semesta adalah sekitar 10100 ( angka 10 dengan 0 sebanyak 100 dibelakangnya­). Bila memori ini digunakan untuk menghafal seluruh atom di dalam alam semesta, maka kapasitas memori masih tersisa banyak sekali.[1] Persoalannya adalah bila kita memiliki kapasitas memori yang demikian besar, mengapa kita begitu sering lupa? Atau kadang-kadang ingin menghafal sesuatu namun terasa begitu sulit?.
Dalam hal ini harus dibedakan antara istilah tahfidz ( menghafal) dan takrir (daya ingat). Mengahafal adalah proses menyimpan data ke memori otak. Sedangkan daya ingat adalah kemampuan mengingat kembali data-data yang telah tersimpan dalam memori bila diperlukan.
Sebagian besar orang memiliki persoalan pada daya ingat, bukan menghafal. Kecerdasan otak dalam menghafal ditandai dengan menjaga kualitas ingatan yang disimpan di daerah-daerah otak. Oleh karena itu bahwa yang paling siap untuk melakukan kajian-kajian keilmuan baik akademik maupun non akademik, khususnya ke-Al-Qur’an adalah siswa hafiz. Disamping itu, hafalan Al-Qur’an akan memberikan energi positif dalam konteks pengamalan ilmunya.



[1] Ibid, 48

0 komentar:

Author

Write admin description here..

Free counters!
ERC.Net TAMBAKBERAS JOMBANG

Subscribe to our Mailing List

We'll never share your Email address.
Copyright © 2013 ca' go' ae wes. Powered by Blogger.
Blogger Template by Bloggertheme9
+6285748831888ramagok@gmail.com