SILABUS
PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH ALIYAH
MATA PELAJARAN : HADIS DAN ILMU
HADIS
KELAS/PEMINATAN : XII / ILMU-ILMU KEAGAMAAN
SEMESTER :
GANJIL
Kompetensi
Inti :
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1. Meyakini kekuasaan dan keagungan Allah
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.1. Membiasakan diri merenungi kebesaran dan kekuasaan Allah dalam kehidupan
sehari-hari
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
3.1 Mengetahui kedudukan dan kandungan hadis tentang keagungan dan kekuasaan
Allah riwayat Abu Dawud dari Abu Hurairah
الكبرياءردائي...
dan hadis riwayat Muslim dari Ibnu Umar
يطوياللهعزوجلالسماوات
4.1 Mempresentasikan tanda tanda keagungan dan kebesaran Allah.
|
Hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·
Hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah riwayat Abu Hurairah
·
Hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah riwayat Muslim daru Ibnu
Umar
|
Mengamati
Mengamati
hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·
Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang akibat keagungan dan kekuasaan Allah
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya terhadap
gambar yang diamati.
·
Guru mempersilahkan peserta didik untuk
menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan keagungan dan kekuasaan Allah
·
Guru merespon pertanyaan dan tanggapan
dari peserta didik tentang keagungan dan
kekuasaan Allah
Mengeksplorasi
·
Guru menentukan sumber informasi
berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang keagungan dan kekuasaan Allah sesuai kandungan
hadis tentang keagungan dan
kekuasaan Allah
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil temuan dari
beberapa sumber belajar tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan pengertian dan kriteria keagungan dan kekuasaan Allah sesuai kandungan
kandungan hadis tentang
keagungan dan kekuasaan Allah
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan yang telah
dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang
keagungan dan kekuasaan Allah
·
Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian keagungan dan kekuasaan Allah
|
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk
dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non
objektif
Tes
Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan
materi ajar untuk dijawab secara lisan
Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau
kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar dalam satuan waktu yang telah ditentukan
Unjuk
Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau
unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar
Penilaian Proyek
Peserta didik
diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau
penelitian untuk mendalami materi ajar
Penilaian Produk
Peserta didik
secara individu/kelompok membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi
dasar
Penilaian
Portofolio
Pada
setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil
karya dan memberikan refleksinya
|
4 x 45
Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya
|
1.2 Meyakini konsep
syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikannya mendatangkan nilai
kebaikan.
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.2 Membiasakan diri untuk
bersyukur dan berterima kasih ketika mendapat kebaikan.
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
3.2 Menganalisis kedudukan dan kandungan hadis tentang nikmat Allah dan
cara mensyukurinya yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Nukman bin Basyir
من لم يشكرالقليل لم يشكرالكثير ...
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
انظرواإلىمنأسفلمنكم ...
4.2 Menunjukkan contoh sikap orang yang mensyukuri nikmat Allah.
|
hadis tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
· Hadis tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya yang diriwayatkan oleh
Imam Ahmad dari Nukman bin Basyir
Hadis tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya yang diriwayatkan oleh riwayat Muslim
dari Abu Hurairah
|
Mengamati
Mengamati
hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·
Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang akibat keagungan dan kekuasaan Allah
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya terhadap
gambar yang diamati.
·
Guru mempersilahkan peserta didik untuk
menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan keagungan dan kekuasaan Allah
·
Guru merespon pertanyaan dan tanggapan
dari peserta didik tentang keagungan dan
kekuasaan Allah
Mengeksplorasi
·
Guru menentukan sumber informasi
berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang keagungan dan kekuasaan Allah sesuai kandungan
hadis tentang keagungan dan
kekuasaan Allah
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil temuan dari
beberapa sumber belajar tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan pengertian dan kriteria keagungan dan kekuasaan Allah sesuai kandungan
kandungan hadis tentang
keagungan dan kekuasaan Allah
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan yang telah
dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang
keagungan dan kekuasaan Allah
· Menyampaikan
hasil belajar tentang pengertian keagungan
dan kekuasaan Allah
|
Tes Tulis
Peserta
didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk
uraian objektif atau uraian non objektif
Tes
Lisan
Peserta
didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan
Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau
kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar dalam satuan waktu yang telah ditentukan
Unjuk
Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau
unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar
Penilaian Proyek
Peserta didik
diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau
penelitian untuk mendalami materi ajar
Penilaian Produk
Peserta didik
secara individu/kelompok membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi
dasar
Penilaian
Portofolio
Pada
setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil
karya dan memberikan refleksinya
|
4 x 45
Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku Penunjang
Lainnya
|
1.3 Bertakwa kepada
Allah
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.3 Memiliki sikap patuh sebagai implementasi dari pemahaman mengenai hadis
tentang taat
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
3.3 Memahami kedudukan dan kandungan hadis tentang taat kepada Allah dan
Rasul-Nya riwayat Muslim dari Abu Hurairah
من أطاعني فقدأطاع الله...
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
مانهيتكم عنه فاجتنبوه ...
dan hadis riwayat al-Bukhari
dari Abdullah ibnu Umar
السمع والطاعةعلى المرء المسلم..
4.3 Menunjukkancontoh cara-cara
mentaati Allah dan Rasul-Nya.
|
Hadis tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya
· Hadis tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya riwayat Muslim dari Abu
Hurairah
· Hadis tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya riwayat al Buhkari dari Abdullah Ibnu
Umar
Cara-cara
mentaati Rasul
|
Mengamati
·
Mengamati hadis tentang tentang taat
kepada Allah dan Rasul-Nya
·
Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya terhadap
gambar yang diamati.
·
Guru mempersilahkan peserta didik untuk
menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan dengan taat kepada Allah dan Rasul-Nya
·
Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta
didik tentang taat kepada Allah dan
Rasul-Nya
Mengeksplorasi
·
Guru menentukan sumber informasi
berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk
media cetak dan elektronik tentang taat
kepada Allah dan Rasul-Nya sesuai kandungan hadis
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil temuan dari
beberapa sumber belajar tentang taat kepada Allah dan
Rasul-Nya
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan pengertian dan kriteria taat kepada Allah dan
Rasul-Nya
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan yang telah
dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya
·
Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian taat kepada Allah dan
Rasul-Nya
|
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk
dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non
objektif
Tes
Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan
materi ajar untuk dijawab secara lisan
Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau
kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar dalam satuan waktu yang telah ditentukan
Unjuk
Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau
unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar
Penilaian Proyek
Peserta didik
diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau
penelitian untuk mendalami materi ajar
Penilaian Produk
Peserta didik
secara individu/kelompok membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi
dasar
Penilaian
Portofolio
Pada setiap
tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil karya
dan memberikan refleksinya
|
4 x 45
Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya
|
1.4 Berkomitmen
mencari rezeki yang halal dan memakan makanan yang halal dan baik
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.4. Membiasakan berbuat selektif terhadap mengkonsumsi makanan.
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
3.4 Mengidentifikasi
makanan yang halal dan baik yang terkandung dalam hadis riwayat Abu Dawud
dari Ma’dikariba
عليكم بهذاالقرآن فماوجدتم من حلال فأحلوا...
dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abdullah ibnu Umar
كل خمر مسكر ...
dan hadis riwayat at-Tirmizi dari Abu Hurairah
ياأيهاالناس إن الله طيب لايقبل إلاطيبا ...
4.4 Mempresentasikan
cara memakan makanan yang halal dan baik sesuai teladan Rasulullah Saw.
|
· Pengertian makanan yang
khalal dan baik
· Hadis tentang makanan yang
halal riwayat Abu Dawud
· Hadis tentang makanan yang
halal riwayat Ibnu Majah dari Abdullah Ibnu Umar
· Hadis tentang makanan yang
halal riwayat at Tirmizi dari Abu Hurairah
|
Mengamati
Mengamati
hadis tentang tentang makanan yang halal dan baik
·
Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang pengertian makanan yang halal
dan baik
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·
Guru mempersilahkan peserta didik untuk
menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan dengan makanan
halal dan baik
·
Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari
peserta didik tentang makanan halal dan baik
Mengeksplorasi
·
Guru menentukan sumber informasi
berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik makanan halal dan baik
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil temuan dari
beberapa sumber belajar tentang makanan halal dan baik
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan pengertian dan kriteria makanan halal dan baik
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan yang telah
dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang makanan halal dan baik
·
Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian makanan halal dan baik
|
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk
dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non
objektif
Tes
Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan
materi ajar untuk dijawab secara lisan
Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau
kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar dalam satuan waktu yang telah ditentukan
Unjuk
Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau
unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar
Penilaian Proyek
Peserta didik
diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau
penelitian untuk mendalami materi ajar
Penilaian Produk
Peserta didik
secara individu/kelompok membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi
dasar
Penilaian
Portofolio
Pada setiap tengah atau akhir semester, peserta
didik diminta mengumpulkan hasil karya dan memberikan refleksinya
|
4 x 45
Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku
Penunjang Lainnya
|
1.5 Menghayati nilai-nilai kebaikan yang diperintahkan oleh Allah
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2. 5 Menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
3.5 Memahami perintah tentang kompetisi dalam kebaikan yang terkandung
dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah
خطبنارسول الله فقال ياأيهاالناس توبوا إلى الله قبل أن تموتوا
4.5 Menunjukkan contoh
prilaku yang berkompetisi dalam kebaikan
|
Hadis tentang kompetisi dalam kebaikan yang terkandung dalam hadis yang
diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah
|
Mengamati
·
Mengamati hadis tentang kompetisi dalam
kebaikan
·
Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang berkompetisi dalam kebaikan
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·
Guru mempersilahkan peserta didik untuk
menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan kompetisi dalam kebaikan
·
Guru merespon pertanyaan dan tanggapan
dari peserta didik tentang kompetisi
dalam kebaikan
Mengeksplorasi
·
Guru menentukan sumber informasi
berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kompetisi dalam kebaikan
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil temuan dari
beberapa sumber belajar tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan pengertian dan kriteria kompetisi dalam kebaikan
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan yang telah
dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang
kompetisi dalam kebaikan
·
Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian kompetisi dalam kebaikan
|
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk
dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non
objektif
Tes
Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan
materi ajar untuk dijawab secara lisan
Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau
kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar dalam satuan waktu yang telah ditentukan
Unjuk
Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau
unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar
Penilaian Proyek
Peserta didik
diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau
penelitian untuk mendalami materi ajar
Penilaian Produk
Peserta didik
secara individu/kelompok membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi
dasar
Penilaian
Portofolio
Pada setiap tengah atau akhir semester,
peserta didik diminta mengumpulkan hasil karya dan memberikan refleksinya
|
4 x 45
Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya
|
1.6 Meyakini
terwujudnya kemaslahatan setelah diamalkannya amar ma‘ryf nahi munkar.
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.6 Memiliki sikap peduli terhadap keberlangsungan amar ma‘ryf nahi
munkar dalam masyarakat.
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
3.6 Mendeskripsikan
hadis tentang amar ma‘ryf nahi munkar yang diriwayatkan oleh Imam
Muslim dari Abu Said
من رأى منكم منكرا
dan riwayat
Ibnu Majah dari Abu Hazim
إنالناسإذارأوالمنكر
4.6 Mempresentasikan macam-macam contoh sikap orang yang melakukan amar
ma‘ryf nahi munkar.
|
Hadis tentang amar ma‘ryf nahi munkar
· Hadis tentang amar ma‘ryf nahi munkar riwayat Imam Muslim dari Abu Said
· Hadis tentang amar ma‘ryf nahi munkar riwayat Ibnu Majah Hazim
|
Mengamati
Mengamati
hadis tentang amar ma‘ryf nahi munkar
· Menyimak
ilustrasi singkat dari guru tentang amar
ma’ruf nahi munkar
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·
Guru mempersilahkan peserta didik untuk
menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan keagungan dan kekuasaan Allah
·
Guru merespon pertanyaan dan tanggapan
dari peserta didik tentang amar ma‘ryf
nahi munkar
Mengeksplorasi
·
Guru menentukan sumber informasi
berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang amar ma‘ryf nahi munkar sesuai kandungan hadis tentang tentang amar ma‘ryf nahi munkar
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil temuan dari
beberapa sumber belajar tentang amar
ma‘ryf nahi munkar
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan pengertian tentang amar
ma‘ryf nahi munkar esuai kandungan kandungan hadis
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan
berkaitan dengan hadis tentang amar ma‘ryf nahi munkar
·
Menyampaikan hasil belajar tentang tentang amar ma‘ryf nahi munkar
|
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk
dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non
objektif
Tes
Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan
materi ajar untuk dijawab secara lisan
Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau
kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar dalam satuan waktu yang telah ditentukan
Unjuk
Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau
unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar
Penilaian Proyek
Peserta didik
diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau
penelitian untuk mendalami materi ajar
Penilaian Produk
Peserta didik
secara individu/kelompok membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi
dasar
Penilaian
Portofolio
Pada
setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil
karya dan memberikan refleksinya
|
4 x 45
Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku Penunjang
Lainnya
|
1.7 Meyakini bahwa
bertanggungjawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat adalah perintah
syar’i.
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.7 Memiliki sikap tanggungjawab terhadap keluarga dan menyelamatkannya
dari hal-hal negatif.
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
3.7 Memahami konsep
dan fakta tanggung jawab
terhadap diri, keluarga dan masyarakat sebagaimana yang terkandung dalam
hadis riwayat Bukhari dari Abu Hurairah
حق المسلم على المسلم خمس...
dan riwayat Abu Dawud dari Sabrah
مرواالصبي بالصلاة....
4.7 Menunjukkan prilaku orang yang bertanggungjawab terhadap diri, keluarga
dan masyarakat.
|
Hadis
tentang tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat
·
Hadis tentang tanggung jawab terhadap diri,
keluarga dan masyarakat riwayat Bukhari dan Abu Hurairah
·
Hadis tentang tanggung jawab terhadap diri,
keluarga dan masyarakat riwayat Abu Dawud dari Sabrah
|
Mengamati
·
Mengamati kasus yang terjadi dalam masyarakat
· Menyimak ilustrasi
singkat tentang pembinaan pribadi, keluarga dan masyarakat
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya terhadap kasus yang diamati.
·
Guru mencatat tema pertanyaan-pertanyaan
peserta didik
·
Guru memberi tanggapan atas pertanyaan
dan tanggapan dari peserta didik.
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan pembinaan pribadi, keluarga dan
masyarakat
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang pembinaan pribadi, keluarga dan masyarakat sesuai kandungan hadis tentang tanggung
jawab terhadap diri, keluarga dan
masyarakat
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil temuan dari
beberapa sumber belajar mengenai pembinaan pribadi, keluarga dan masyarakat sesuai kandungan hadis tentang tanggung
jawab terhadap diri, keluarga dan
masyarakat
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan pembinaan pribadi, keluarga dan masyarakat
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan yang telah
dirumuskan berkaitan dengan pembinaan
pribadi, keluarga dan masyarakat sesuai kandungan hadis
tentang tanggung jawab
terhadap diri, keluarga dan masyarakat
·
Menyampaikan hasil belajar atau hasil
temuannya tentang pembinaan pribadi, keluarga dan masyarakat sesuai kandungan hadis tentang tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat
|
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk
dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non
objektif
Tes
Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan
materi ajar untuk dijawab secara lisan
Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau
kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar dalam satuan waktu yang telah ditentukan
Unjuk
Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau
unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar
Penilaian Proyek
Peserta didik diberi
tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau
penelitian untuk mendalami materi ajar
Penilaian Produk
Peserta didik secara individu/kelompok
membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi dasar
Penilaian
Portofolio
Pada
setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil
karya dan memberikan refleksinya
|
4 x 45
Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH ALIYAH
MATA PELAJARAN : HADIS DAN ILMU
HADIS
KELAS/PEMINATAN : XII / ILMU-ILMU
KEAGAMAAN
SEMESTER :
GENAP
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah..
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1
Menerima prinsip
kepemimpinan berdasarkan nilai-nilai keadilan
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
-
|
2.1 Membiasakan diri untuk bersikap bijaksana dalam menyelesaikan
perselisihan
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
-
|
3.1 Mengetahui prosedur yang benar dalam menyelesaikan
perselisihan sesuai makna yang terkandung dalam hadis riwayat al-Bukhari
dari Abdullah ibnu Umar
كلكم راع وكلكممسؤولعنرعيته
...
dan hadis riwayat Muslim dari Auf bin Malik
خيارأئمتكمالذينتحبونهم
dan riwayat Muslim dari Ma’qil
ما من عبد يسترعيه ...
4.1 Menyajikan contoh-contoh cara menyelesaikan permasalahan
|
Hadis
tentang menyelesaikan perselisihan
|
Mengamati
Mengamati
hadis tentang menyelesaikan perselisihan
· Menyimak
ilustrasi singkat dari guru tentang akibat menyelesaikan perselisihan
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya terhadap hadisr yang diamati.
·
Guru mempersilahkan peserta didik untuk
menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan menyelesaikan perselisihan
·
Guru merespon pertanyaan dan tanggapan
dari peserta didik tentangmenyelesaikan
perselisihan
Mengeksplorasi
·
Guru menentukan sumber informasi
berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang keagungan dan kekuasaan Allah sesuai
kandungan hadis tentang keagungan dan
kekuasaan Allah
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil temuan dari
beberapa sumber belajar tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan pengertian dan kriteria keagungan dan kekuasaan Allah sesuai
kandungan kandungan hadis tentang
keagungan dan kekuasaan Allah
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan yang telah
dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang
keagungan dan kekuasaan Allah
Menyampaikan
hasil belajar tentang pengertian keagungan
dan kekuasaan Allah
|
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal
untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian
non objektif
Tes
Lisan
Peserta
didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan
Penugasan
Peserta
didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami
materi ajar dalam satuan waktu yang
telah ditentukan
Unjuk
Kerja
Peserta
didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi
dasar
Penilaian Proyek
Peserta didik
diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan
atau penelitian untuk mendalami
materi ajar
Penilaian
Produk
Peserta didik secara individu/kelompok
membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi dasar
Penilaian
Portofolio
Pada
setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil
karya dan memberikan refleksinya
|
4 x 45
Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya
|
1.2
Meyakini keutamaan jujur dan adil dalam beribadah dan
berdakwah
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
-
|
2.2. Membiasakan sikap
adil dan jujur dalam kehidupan sehari-hari
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
-
|
3.2 Memahami konsep adil dan jujur sesuai dengan ajaran hadis riwayat Abu
Dawud dari Buraidah
القضاة ثلاثة واحد في الجنة
....
dan hadis riwayat
at-Tirmizi dari Hasan bin Ali
دعمايريبكإلىمالايريبك ....
|
Hadis
tentang adil dan jujur
|
Mengamati
Mengamati
hadis tentang adil dan jujur
· Menyimak
ilustrasi singkat dari guru tentang adil dan jujur
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·
Guru mempersilahkan peserta didik untuk
menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan adil dan jujur
·
Guru merespon pertanyaan dan tanggapan
dari peserta didik tentang adil dan jujur
Mengeksplorasi
·
Guru menentukan sumber informasi
berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang keagungan dan kekuasaan Allah sesuai
kandungan hadis tentang keagungan dan
kekuasaan Allah
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil temuan dari
beberapa sumber belajar tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan pengertian dan kriteria keagungan dan kekuasaan Allah sesuai
kandungan kandungan hadis tentang
keagungan dan kekuasaan Allah
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan yang telah
dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang
keagungan dan kekuasaan Allah
Menyampaikan
hasil belajar tentang pengertian keagungan
dan kekuasaan Allah
|
Tes Tulis
Peserta
didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk
uraian objektif atau uraian non objektif
Tes
Lisan
Peserta
didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan
Penugasan
Peserta
didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami
materi ajar dalam satuan waktu yang
telah ditentukan
Unjuk
Kerja
Peserta
didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi
dasar
Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu
ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau penelitian untuk mendalami materi ajar
Penilaian
Produk
Peserta didik secara individu/kelompok
membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi dasar
Penilaian
Portofolio
Pada
setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil
karya dan memberikan refleksinya
|
4 x 45
Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya
|
4.2 Menunjukkan contoh sikap pemimpin yang adil dan jujur
|
|
|
|
|
|
1.3
Menyadari pentingnya hidup sederhana
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
|
2.3 Membiasakan sikap sederhana dalam kehidupan
sehari-hari.
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
|
3.3 Memahami
kandungan hadis tentang kesederhanaan yang diriwayatkan oleh Muslim dari
Abdullah bin Amr bin Ash
قدأفلحمنأسلمورز ....
|
hadis tentang kesederhanaan
|
Mengamati
Mengamati
hadis tentang kesederhanaan
· Menyimak
ilustrasi singkat dari guru tentang akibat kesederhanaan
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·
Guru mempersilahkan peserta didik untuk
menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan kesederhanaan
·
Guru merespon pertanyaan dan tanggapan
dari peserta didik tentang kesederhanaan
Mengeksplorasi
·
Guru menentukan sumber informasi
berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang keagungan dan kekuasaan Allah sesuai
kandungan hadis tentang keagungan dan
kekuasaan Allah
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil temuan dari
beberapa sumber belajar tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan pengertian dan kriteria keagungan dan kekuasaan Allah sesuai
kandungan kandungan hadis tentang
keagungan dan kekuasaan Allah
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan yang telah
dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang
keagungan dan kekuasaan Allah
Menyampaikan
hasil belajar tentang pengertian keagungan
dan kekuasaan Allah
|
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal
untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian
non objektif
Tes
Lisan
Peserta
didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan
Penugasan
Peserta
didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami
materi ajar dalam satuan waktu yang
telah ditentukan
Unjuk
Kerja
Peserta
didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi
dasar
Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu
ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau penelitian untuk mendalami materi ajar
Penilaian
Produk
Peserta didik secara individu/kelompok
membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi dasar
Penilaian
Portofolio
Pada
setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil
karya dan memberikan refleksinya
|
4 x 45
Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya
|
4.3 Menunjukkan
contoh sikap sederhana
|
|
|
|
|
|
1.4 Menyadari pentingnya
sikap memperhatikan orang yang lemah
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
|
2.4 Memiliki
sikap peduli dan kepekaan sosial dengan menyantuni orang lemah
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
|
3.4 Menganalisis hadis tentang menyantuni sebagaimana
dalam hadis yang diriwayatkan oleh
al-Bukhari dari Hakim bin Hisyam
اليدالعلياخيرمناليدالسفلى
4.4 Memiliki sikap peduli dan kepekaan sosial dengan
menyantuni orang lemah
|
Hadis tentang menyantuni dhuafa
|
Mengamati
Mengamati
hadis tentang menyantuni dhuafa
·
Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang akibat menyantuni dhuafa
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·
Guru mempersilahkan peserta didik untuk
menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan dengan menyantuni dhuafa
·
Guru merespon pertanyaan dan tanggapan
dari peserta didik tentang keagungan dan
kekuasaan Allah
Mengeksplorasi
·
Guru menentukan sumber informasi
berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang menyantuni dhuafa esuai kandungan hadis
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil temuan dari
beberapa sumber belajar tentang menyantuni dhuafa
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan pengertian dan kriteria menyantuni dhuafa
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan yang telah
dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang menyantuni
dhuafa
·
Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian menyantuni dhuafa
|
Tes Tulis
Peserta
didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk
uraian objektif atau uraian non objektif
Tes
Lisan
Peserta
didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan
Penugasan
Peserta
didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi
ajar dalam satuan waktu yang telah
ditentukan
Unjuk
Kerja
Peserta
didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi
dasar
Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun
kelompok, melakukan
|
4 x 45
Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya
|
1.5 Berkomitmen meningkatkan produktivitas bekerja untuk
menjalankan perintah Allah
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
|
2.5 Memiliki semangat etos kerja dalam kehidupan sehari-hari
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
|
3.5 Memahami spirit etos kerja pribadi muslim dari
hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Miqdam bin Ma‘dikariba
ماكسبالرجلكسباأطيب...
dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Urwah dari ayahnya
لأنيأخذأحدكمحبله
4.5 Menunjukkan contoh prilaku orang yang memiliki etos
kerja yang tinggi
|
Hadis tentang etos kerja
|
Mengamati
Mengamati
hadis tentang etos kerja
·
Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang etos kerja
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·
Guru mempersilahkan peserta didik untuk
menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan dengan etos kerja
·
Guru merespon pertanyaan dan tanggapan
dari peserta didik tentang etos kerja
Mengeksplorasi
·
Guru menentukan sumber informasi
berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang etos kerja sesuai kandungan hadis tentang etos kerja
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil temuan dari
beberapa sumber belajar tentang etos kerja
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan etos kerja sesuai kandungan kandungan hadis tentang etos kerja
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan yang telah
dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang etos
kerja
·
Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian etos kerja
|
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk
dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non
objektif
Tes
Lisan
Peserta
didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan
Penugasan
Peserta
didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami
materi ajar dalam satuan waktu yang
telah ditentukan
Unjuk
Kerja
Peserta
didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi
dasar
Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun
kelompok, melakukan
|
4 x 45
Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya
|
1.6 Menghayati nilai-nilai toleransi
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
|
2.6 Memiliki sikap toleran dalam menyikapi perbedaan dan keberagaman
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
|
3.6 Mengetahui sikap toleransi dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad
dari Ibnu Abbas
ليسمنامنلميوقركبيرنا...
dan hadis riwayat Ahmad dari Ubay
إنيبعثتإلىأمةأميين....
4.6 Mempresentasikan cara-cara toleransi dalam Islam.
|
Hadis tentang toleransi
|
Mengamati
Mengamati
hadis tentang toleransi
·
Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang akibat toleransi
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·
Guru mempersilahkan peserta didik untuk
menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan toleransi
·
Guru merespon pertanyaan dan tanggapan
dari peserta didik tentang toleransi
Mengeksplorasi
·
Guru menentukan sumber informasi
berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang toleransi sesuai
kandungan hadis
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil temuan dari
beberapa sumber belajar tentang toleransi
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan pengertian dan kriteria tentang toleransi sesuai kandungan kandungan hadis
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan yang telah
dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang toleransi
·
Menyampaikan hasil belajar tentang toleransi
|
Tes Tulis
Peserta
didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk
uraian objektif atau uraian non objektif
Tes
Lisan
Peserta
didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan
Penugasan
Peserta
didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi
ajar dalam satuan waktu yang telah
ditentukan
Unjuk
Kerja
Peserta
didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi
dasar
Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun
kelompok, melakukan
|
4 x 45
Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya
|
1.7 Menaati perintah
Allah dalam mengembangkan bidang keilmuan
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
|
2.7 Memotivasi diri untuk meningkatkan keilmuan dan kualitas diri
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
|
3.7 Menganalisis spirit pengetahuan dan tekhnologi dari hadis Nabi riwayat
ibnu Majah dari Anas bin Malik
طلب العلم فريضةعلى كل مسلم وواضع العلم
dan riwayat Abu Dawud dari Abu Darda’
إن العالم ليستغفرلهم في السموات...
4.7 Mempresentasikan kebutuhan manusia terhadap pengetahuan dan teknologi
|
Hadis tentang pengetahuan dan tehnologi
|
Mengamati
Mengamati
hadis tentang pengetahuan dan tehnologi
·
Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang pengetahuan dan tehnologi
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya terhadap
gambar yang diamati.
·
Guru mempersilahkan peserta didik untuk
menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan pengetahuan dan tehnologi
·
Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta
didik tentang pengetahuan
dan tehnologi
Mengeksplorasi
·
Guru menentukan sumber informasi
berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang pengetahuan dan tehnologi sesuai kandungan
hadis tentang keagungan dan
kekuasaan Allah
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil temuan dari
beberapa sumber belajar tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan pengertian dan kriteria keagungan dan kekuasaan Allah sesuai kandungan
kandungan hadis
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan
berkaitan dengan hadis tentang pengetahuan dan tehnologi
· Menyampaikan
hasil belajar tentang pengetahuan dan tehnologi
|
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk
dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non
objektif
Tes
Lisan
Peserta
didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan
Penugasan
Peserta
didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami
materi ajar dalam satuan waktu yang
telah ditentukan
Unjuk
Kerja
Peserta
didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi
dasar
Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun
kelompok, melakukan
|
4 x 45
Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya
|
1.8 Meyakini pentingnya sikap melestarikan alam
untuk kemakmuran
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
|
2.8 Membiasakan diri menjadi pribadi yang ramah lingkungan
dan menjaga kelestarian alam
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
|
3.8 Memahami hadis yang memerintahkan untuk melestarikan
alam yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari salah seorang muhajirin
ثلاثا أسمعه يقول المسلم ونشركاء....
dan riwayat Muslim dari syadad bin Aus
إن الله كتب الإحسان على كل شيئ ....
4.8 Memahami hadis yang memerintahkan untuk melestarikan
alam yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari salah seorang muhajirin
ثلاثاأسمعه يقول المسلم ونشركاء....
dan riwayat Muslim dari syadad bin Aus
إن الله كتب الإحسان على كل شيئ ....
|
Hadis tentang kelestarian alam
|
Mengamati
Mengamati
hadis tentang kelestarian alam
·
Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang kelestarian alam
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·
Guru mempersilahkan peserta didik untuk
menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan kelestarian alam
·
Guru merespon pertanyaan dan tanggapan
dari peserta didik tentang kelestarian alam
Mengeksplorasi
·
Guru menentukan sumber informasi
berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kelestarian alam sesuai kandungan
hadis
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil temuan dari
beberapa sumber belajar tentang kelestarian alam
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan pengertian dan
kriteria kelestarian alam sesuai kandungan n hadis tentang kelestarian alam
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan yang telah
dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang kelestarian alam
·
Menyampaikan hasil belajar tentang
pengertian kelestarian alam
|
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk
dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non
objektif
Tes
Lisan
Peserta
didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan
Penugasan
Peserta
didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami
materi ajar dalam satuan waktu yang
telah ditentukan
Unjuk
Kerja
Peserta
didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi
dasar
Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun
kelompok, melakukan
|
4 x 45
Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya
|
1.9 Meyakini pentingnya kesabaran dalam menerima
ujian dan cobaan dari Allah
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
|
2.9 Membiasakan sikap sabar
dalam menghadapi ujian dan cobaan
|
-
|
-
|
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal /Catatan
|
-
|
|
3.9 Memahami kandungan hadis tentang ujian dan cobaan yang diriwayatkan
oleh Ibnu Majah dari Anas bin Malik
عظم الجزاء مع عظم البلاء
dan hadis riwayat Muslim dari Shuhaib
عجب الأمرالمؤمن إن أمره كله خير...
4.9 Menunjukkan
contoh perilaku orang yang sabar dalam
menerima ujian dan cobaan
|
Hadis tentang ujian dan cobaan
|
Mengamati
Mengamati
hadis tentang tentang ujian dan cobaan
·
Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang akibat tentang ujian dan cobaan
Menanya
·
Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·
Guru mempersilahkan peserta didik untuk
menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan tentang ujian dan cobaan
·
Guru merespon pertanyaan dan tanggapan
dari peserta didik tentang tentang ujian dan cobaan
Mengeksplorasi
·
Guru menentukan sumber informasi
berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang tentang ujian dan cobaan sesuai kandungan hadis tentang tentang ujian dan cobaan
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali hasil temuan dari
beberapa sumber belajar tentang tentang ujian dan cobaan
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan pengertian dan tentang ujian dan cobaan sesuai kandungan
kandungan hadis tentang
ujian dan cobaan
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan yang telah
dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang tentang ujian dan cobaan
·
Menyampaikan hasil belajar tentang
pengertian tentang ujian dan cobaan
|
Tes Tulis
Peserta
didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk
uraian objektif atau uraian non objektif
Tes
Lisan
Peserta
didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan
Penugasan
Peserta
didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami
materi ajar dalam satuan waktu yang
telah ditentukan
Unjuk
Kerja
Peserta
didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi
dasar
Penilaian Proyek
Peserta didik
diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan
|
4 x 45
Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya
|
0 komentar: