SILABUS PEMBELAJARAN HADIS DAN ILMU HADIS

Posted by wong bojonegoro ndeso  |  Tagged as:

SILABUS PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN        : MADRASAH ALIYAH
MATA PELAJARAN              : HADIS DAN ILMU HADIS
KELAS/PEMINATAN             : XII / ILMU-ILMU KEAGAMAAN
SEMESTER                              : GANJIL

Kompetensi Inti    :

KI 1      : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2       : Menghayati dan mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun,      responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3       : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4        : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan  mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.1. Meyakini kekuasaan dan  keagungan Allah

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal / Catatan

-
-
2.1. Membiasakan diri merenungi kebesaran dan kekuasaan Allah dalam kehidupan sehari-hari

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal / Catatan
-
-
3.1     Mengetahui kedudukan dan kandungan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah riwayat Abu Dawud dari Abu Hurairah
الكبرياءردائي...
dan hadis riwayat Muslim dari Ibnu Umar
يطوياللهعزوجلالسماوات


4.1     Mempresentasikan tanda tanda keagungan dan kebesaran Allah.

Hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·        Hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah riwayat Abu Hurairah
·        Hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah riwayat Muslim daru Ibnu Umar

Mengamati
Mengamati hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·     Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang akibat keagungan dan kekuasaan Allah

Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan keagungan dan kekuasaan Allah
·         Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik tentang keagungan dan kekuasaan Allah

Mengeksplorasi
·      Guru menentukan sumber informasi berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang keagungan dan kekuasaan Allah sesuai kandungan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah

Mengasosiasikan
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·      Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian dan kriteria keagungan dan kekuasaan Allah sesuai kandungan kandungan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah


Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·      Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian keagungan dan kekuasaan Allah
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non objektif


Tes Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan

Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar  dalam satuan waktu yang telah ditentukan

Unjuk Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau penelitian  untuk mendalami materi ajar

Penilaian Produk
Peserta didik secara individu/kelompok membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Portofolio
Pada setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil karya dan memberikan refleksinya
4 x 45
Menit


·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya 
1.2  Meyakini konsep syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikannya mendatangkan nilai kebaikan.

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
-
-
2.2 Membiasakan diri untuk bersyukur dan berterima kasih ketika mendapat kebaikan.

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
-
-
3.2 Menganalisis kedudukan dan kandungan hadis tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Nukman bin Basyir
من لم يشكرالقليل لم يشكرالكثير ...
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
انظرواإلىمنأسفلمنكم ...

4.2  Menunjukkan contoh sikap orang yang mensyukuri nikmat Allah.

hadis tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
·     Hadis tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Nukman bin Basyir
Hadis tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya yang diriwayatkan oleh riwayat Muslim dari Abu Hurairah


Mengamati
Mengamati hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·     Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang akibat keagungan dan kekuasaan Allah

Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan keagungan dan kekuasaan Allah
·         Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik tentang keagungan dan kekuasaan Allah

Mengeksplorasi
·      Guru menentukan sumber informasi berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang keagungan dan kekuasaan Allah sesuai kandungan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah

Mengasosiasikan
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·      Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian dan kriteria keagungan dan kekuasaan Allah sesuai kandungan kandungan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah


Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·      Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian keagungan dan kekuasaan Allah
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non objektif

Tes Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan

Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar  dalam satuan waktu yang telah ditentukan

Unjuk Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau penelitian  untuk mendalami materi ajar


Penilaian Produk
Peserta didik secara individu/kelompok membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Portofolio
Pada setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil karya dan memberikan refleksinya
4 x 45
Menit

·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya 
1.3  Bertakwa kepada Allah

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
-
-
2.3 Memiliki sikap patuh sebagai implementasi dari pemahaman mengenai hadis tentang taat

-
-
ü  Observasi
ü  Penilaian Diri
ü  Penilaian Sejawat
ü  Jurnal / Catatan
-
-
3.3 Memahami kedudukan dan kandungan hadis tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya riwayat Muslim dari Abu Hurairah
من أطاعني فقدأطاع الله...
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah         
مانهيتكم عنه فاجتنبوه ...
 dan hadis riwayat al-Bukhari dari Abdullah ibnu Umar                                            
السمع والطاعةعلى المرء المسلم..
4.3 Menunjukkancontoh  cara-cara mentaati Allah dan Rasul-Nya.

Hadis tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya
·     Hadis tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya riwayat Muslim dari Abu Hurairah
·     Hadis tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya riwayat al Buhkari dari Abdullah Ibnu Umar
Cara-cara mentaati Rasul

Mengamati
·      Mengamati hadis tentang tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya
·      Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya

Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan dengan taat kepada Allah dan Rasul-Nya
·         Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya

Mengeksplorasi
·      Guru menentukan sumber informasi berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya sesuai kandungan hadis

Mengasosiasikan
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya
·      Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian dan kriteria taat kepada Allah dan Rasul-Nya


Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya
·      Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian taat kepada Allah dan Rasul-Nya
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non objektif

Tes Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan

Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar  dalam satuan waktu yang telah ditentukan

Unjuk Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau penelitian  untuk mendalami materi ajar

Penilaian Produk
Peserta didik secara individu/kelompok membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Portofolio
Pada setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil karya dan memberikan refleksinya
4 x 45
Menit

·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·     Buku Penunjang Lainnya 
1.4  Berkomitmen mencari rezeki yang halal dan memakan makanan yang halal dan baik

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
-
-
2.4. Membiasakan berbuat selektif terhadap mengkonsumsi makanan.
-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
-
-
3.4  Mengidentifikasi makanan yang halal dan baik yang terkandung dalam hadis riwayat Abu Dawud dari Ma’dikariba
عليكم بهذاالقرآن فماوجدتم من حلال فأحلوا...
dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abdullah ibnu Umar
كل خمر مسكر ...
dan hadis riwayat at-Tirmizi dari Abu Hurairah                        
ياأيهاالناس إن الله طيب لايقبل إلاطيبا ...

4.4 Mempresentasikan cara memakan makanan yang halal dan baik sesuai teladan Rasulullah Saw.

·     Pengertian makanan yang khalal dan baik
·     Hadis tentang makanan yang halal riwayat Abu Dawud
·     Hadis tentang makanan yang halal riwayat Ibnu Majah dari Abdullah Ibnu Umar
·     Hadis tentang makanan yang halal riwayat at Tirmizi dari Abu Hurairah
Mengamati
Mengamati hadis tentang tentang makanan yang halal dan baik
·     Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang pengertian makanan yang halal dan baik

Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan dengan makanan halal dan baik
·          Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik tentang makanan halal dan baik

Mengeksplorasi
·      Guru menentukan sumber informasi berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik makanan halal dan baik

Mengasosiasikan
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang makanan halal dan baik
·      Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian dan kriteria makanan halal dan baik


Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang makanan halal dan baik
·      Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian makanan halal dan baik
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non objektif

Tes Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan

Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar  dalam satuan waktu yang telah ditentukan

Unjuk Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau penelitian  untuk mendalami materi ajar

Penilaian Produk
Peserta didik secara individu/kelompok membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Portofolio
Pada setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil karya dan memberikan refleksinya
4 x 45
Menit

·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya 
1.5 Menghayati nilai-nilai kebaikan yang diperintahkan oleh Allah

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
-
-
2. 5  Menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan
-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan

-
-
3.5 Memahami perintah tentang kompetisi dalam kebaikan yang terkandung dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah
خطبنارسول الله فقال ياأيهاالناس توبوا إلى الله قبل أن تموتوا
4.5  Menunjukkan contoh prilaku yang berkompetisi dalam kebaikan

Hadis tentang kompetisi dalam kebaikan yang terkandung dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah

Mengamati
·     Mengamati hadis tentang kompetisi dalam kebaikan
·     Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang berkompetisi dalam kebaikan

Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan kompetisi dalam kebaikan
·         Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik tentang kompetisi dalam kebaikan

Mengeksplorasi
·      Guru menentukan sumber informasi berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kompetisi dalam kebaikan

Mengasosiasikan
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·      Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian dan kriteria kompetisi dalam kebaikan


Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan
·      Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian kompetisi dalam kebaikan
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non objektif

Tes Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan

Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar  dalam satuan waktu yang telah ditentukan

Unjuk Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau penelitian  untuk mendalami materi ajar

Penilaian Produk
Peserta didik secara individu/kelompok membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Portofolio
 Pada setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil karya dan memberikan refleksinya
4 x 45
Menit

·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya 
1.6  Meyakini terwujudnya kemaslahatan setelah diamalkannya amar ma‘ryf nahi munkar.

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
-
-
2.6 Memiliki sikap peduli terhadap keberlangsungan amar ma‘ryf nahi munkar dalam masyarakat.

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
-
-
3.6  Mendeskripsikan hadis tentang amar ma‘ryf nahi munkar yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Said
من رأى منكم منكرا
 dan riwayat Ibnu Majah dari Abu  Hazim
إنالناسإذارأوالمنكر

4.6 Mempresentasikan macam-macam contoh sikap orang yang melakukan amar ma‘ryf nahi munkar.

Hadis tentang amar ma‘ryf nahi munkar
·      Hadis tentang amar ma‘ryf nahi munkar riwayat Imam Muslim dari Abu Said
·      Hadis tentang amar ma‘ryf nahi munkar riwayat Ibnu Majah Hazim

Mengamati
Mengamati hadis tentang amar ma‘ryf nahi munkar
·     Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang amar ma’ruf nahi munkar

Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan keagungan dan kekuasaan Allah
·         Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik tentang amar ma‘ryf nahi munkar

Mengeksplorasi
·      Guru menentukan sumber informasi berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang amar ma‘ryf nahi munkar sesuai kandungan hadis tentang tentang amar ma‘ryf nahi munkar

Mengasosiasikan
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang amar ma‘ryf nahi munkar
·      Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian tentang amar ma‘ryf nahi munkar esuai kandungan kandungan hadis

Mengkomunikasikan
·         Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang amar ma‘ryf nahi munkar
·        Menyampaikan hasil belajar tentang tentang amar ma‘ryf nahi munkar
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non objektif

Tes Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan

Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar  dalam satuan waktu yang telah ditentukan

Unjuk Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau penelitian  untuk mendalami materi ajar

Penilaian Produk
Peserta didik secara individu/kelompok membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Portofolio
Pada setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil karya dan memberikan refleksinya
4 x 45
Menit

·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya 
1.7  Meyakini bahwa bertanggungjawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat adalah perintah syar’i.
-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
-
-
2.7 Memiliki sikap tanggungjawab terhadap keluarga dan menyelamatkannya dari hal-hal negatif.
-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü Jurnal / Catatan
-
-
3.7  Memahami konsep dan fakta tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat sebagaimana yang terkandung dalam hadis riwayat Bukhari dari Abu Hurairah
حق المسلم على المسلم خمس...
dan riwayat Abu Dawud dari Sabrah
مرواالصبي بالصلاة....
4.7 Menunjukkan prilaku orang yang bertanggungjawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat.
Hadis tentang tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat
·     Hadis tentang tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat riwayat Bukhari dan Abu Hurairah
·     Hadis tentang tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat riwayat Abu Dawud dari Sabrah
Mengamati
·     Mengamati kasus yang terjadi dalam masyarakat
·     Menyimak ilustrasi singkat tentang  pembinaan pribadi, keluarga dan masyarakat
Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap kasus  yang diamati.
·         Guru mencatat tema pertanyaan-pertanyaan peserta didik
·         Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik.

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan pembinaan pribadi, keluarga dan masyarakat
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang pembinaan pribadi, keluarga dan masyarakat sesuai kandungan  hadis tentang tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat

Mengasosiasikan
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai pembinaan pribadi, keluarga dan masyarakat sesuai kandungan hadis tentang tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat
·         Menganalisis hasil temuannya berkaitan pembinaan pribadi, keluarga dan masyarakat

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan pembinaan pribadi, keluarga dan masyarakat sesuai kandungan hadis tentang tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat

·      Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya  tentang pembinaan pribadi, keluarga dan masyarakat sesuai kandungan hadis tentang tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat

Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non objektif

Tes Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan

Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar  dalam satuan waktu yang telah ditentukan

Unjuk Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau penelitian  untuk mendalami materi ajar

Penilaian Produk
Peserta didik secara individu/kelompok membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Portofolio
Pada setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil karya dan memberikan refleksinya
4 x 45
Menit

·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya 













SILABUS PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN         : MADRASAH ALIYAH
MATA PELAJARAN              : HADIS DAN ILMU HADIS
KELAS/PEMINATAN             : XII / ILMU-ILMU KEAGAMAAN
SEMESTER                              : GENAP

KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  : Menghayati dan mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun,  responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3  : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah..
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan  mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.1     Menerima prinsip kepemimpinan berdasarkan nilai-nilai keadilan

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan

-
-
2.1     Membiasakan diri untuk bersikap bijaksana dalam menyelesaikan perselisihan

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan
-
-
3.1  Mengetahui prosedur yang benar dalam menyelesaikan perselisihan sesuai makna yang terkandung dalam hadis riwayat al-Bukhari dari Abdullah ibnu Umar
كلكم راع وكلكممسؤولعنرعيته ...
 dan hadis riwayat Muslim dari Auf bin Malik
خيارأئمتكمالذينتحبونهم
 dan riwayat Muslim dari Ma’qil
ما من عبد يسترعيه ...


4.1     Menyajikan contoh-contoh cara menyelesaikan permasalahan

Hadis tentang menyelesaikan perselisihan
Mengamati
Mengamati hadis tentang menyelesaikan perselisihan
·     Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang akibat menyelesaikan perselisihan

Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap hadisr yang diamati.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan menyelesaikan perselisihan
·         Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik tentangmenyelesaikan perselisihan

Mengeksplorasi
·      Guru menentukan sumber informasi berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang keagungan dan kekuasaan Allah sesuai kandungan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah

Mengasosiasikan
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·      Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian dan kriteria keagungan dan kekuasaan Allah sesuai kandungan kandungan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah


Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah
Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian keagungan dan kekuasaan Allah
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non objektif

Tes Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan

Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar  dalam satuan waktu yang telah ditentukan

Unjuk Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau penelitian  untuk mendalami materi ajar

Penilaian Produk
Peserta didik secara individu/kelompok membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Portofolio
Pada setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil karya dan memberikan refleksinya
4 x 45
Menit

·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya 

















1.2     Meyakini keutamaan jujur dan adil dalam beribadah dan berdakwah

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan

-
-
2.2.  Membiasakan sikap adil dan jujur dalam kehidupan sehari-hari
-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan

-
-
3.2  Memahami konsep adil dan jujur sesuai dengan ajaran hadis riwayat Abu Dawud dari Buraidah
القضاة ثلاثة واحد في الجنة ....
 dan hadis riwayat at-Tirmizi dari Hasan bin Ali
دعمايريبكإلىمالايريبك ....
Hadis tentang adil dan jujur
Mengamati
Mengamati hadis tentang adil dan jujur
·     Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang adil dan jujur

Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan adil dan jujur
·         Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik tentang adil dan jujur

Mengeksplorasi
·      Guru menentukan sumber informasi berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang keagungan dan kekuasaan Allah sesuai kandungan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah

Mengasosiasikan
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·      Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian dan kriteria keagungan dan kekuasaan Allah sesuai kandungan kandungan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah


Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah
Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian keagungan dan kekuasaan Allah
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non objektif

Tes Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan

Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar  dalam satuan waktu yang telah ditentukan

Unjuk Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau penelitian  untuk mendalami materi ajar


Penilaian Produk
Peserta didik secara individu/kelompok membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Portofolio
Pada setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil karya dan memberikan refleksinya
4 x 45
Menit


·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya 
4.2     Menunjukkan contoh sikap pemimpin yang adil dan jujur






1.3     Menyadari pentingnya hidup sederhana

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan

-

2.3 Membiasakan sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan
-

3.3 Memahami kandungan hadis tentang kesederhanaan yang diriwayatkan oleh Muslim dari Abdullah bin Amr bin Ash
قدأفلحمنأسلمورز ....
hadis tentang kesederhanaan
Mengamati
Mengamati hadis tentang kesederhanaan
·     Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang akibat kesederhanaan

Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan kesederhanaan
·         Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik tentang kesederhanaan

Mengeksplorasi
·      Guru menentukan sumber informasi berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang keagungan dan kekuasaan Allah sesuai kandungan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah

Mengasosiasikan
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·      Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian dan kriteria keagungan dan kekuasaan Allah sesuai kandungan kandungan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah


Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah
Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian keagungan dan kekuasaan Allah
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non objektif

Tes Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan

Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar  dalam satuan waktu yang telah ditentukan

Unjuk Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan aktivitas penyelidikan atau penelitian  untuk mendalami materi ajar

Penilaian Produk
Peserta didik secara individu/kelompok membuat hasil karya yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Portofolio
Pada setiap tengah atau akhir semester, peserta didik diminta mengumpulkan hasil karya dan memberikan refleksinya
4 x 45
Menit


·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya 
4.3 Menunjukkan contoh sikap sederhana





1.4     Menyadari pentingnya sikap memperhatikan orang yang lemah

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan

-

2.4 Memiliki sikap peduli dan kepekaan sosial dengan menyantuni orang lemah
-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan
-

3.4 Menganalisis hadis tentang menyantuni sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh  al-Bukhari dari Hakim bin Hisyam
اليدالعلياخيرمناليدالسفلى


4.4 Memiliki sikap peduli dan kepekaan sosial dengan menyantuni orang lemah
Hadis tentang menyantuni dhuafa
Mengamati
Mengamati hadis tentang menyantuni dhuafa
·     Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang akibat menyantuni dhuafa

Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan dengan menyantuni dhuafa
·         Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik tentang keagungan dan kekuasaan Allah

Mengeksplorasi
·      Guru menentukan sumber informasi berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang menyantuni dhuafa esuai kandungan hadis

Mengasosiasikan
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang menyantuni dhuafa
·      Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian dan kriteria menyantuni dhuafa


Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang menyantuni dhuafa
·      Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian menyantuni dhuafa
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non objektif

Tes Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan

Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar  dalam satuan waktu yang telah ditentukan

Unjuk Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan
4 x 45
Menit

·    Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya 
1.5      Berkomitmen meningkatkan produktivitas bekerja untuk menjalankan perintah Allah

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan

-

2.5 Memiliki semangat etos kerja dalam kehidupan sehari-hari

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan
-

3.5 Memahami spirit etos kerja pribadi muslim dari hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Miqdam bin Ma‘dikariba
ماكسبالرجلكسباأطيب...
dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Urwah dari ayahnya
لأنيأخذأحدكمحبله

4.5 Menunjukkan contoh prilaku orang yang memiliki etos kerja yang tinggi
Hadis tentang etos kerja
Mengamati
Mengamati hadis tentang etos kerja
·     Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang etos kerja

Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan dengan etos kerja
·         Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik tentang etos kerja

Mengeksplorasi
·      Guru menentukan sumber informasi berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang etos kerja sesuai kandungan hadis tentang etos kerja

Mengasosiasikan
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang etos kerja
·      Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan etos kerja sesuai kandungan kandungan hadis tentang etos kerja


Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang etos kerja
·        Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian etos kerja
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non objektif

Tes Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan

Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar  dalam satuan waktu yang telah ditentukan

Unjuk Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan
4 x 45
Menit

·      Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya 
1.6 Menghayati nilai-nilai toleransi

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan

-

2.6 Memiliki sikap toleran dalam menyikapi perbedaan dan keberagaman

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan
-

3.6 Mengetahui sikap toleransi dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad dari Ibnu Abbas
ليسمنامنلميوقركبيرنا...
dan hadis riwayat Ahmad dari Ubay
إنيبعثتإلىأمةأميين....

4.6 Mempresentasikan cara-cara toleransi dalam Islam.

Hadis tentang toleransi
Mengamati
Mengamati hadis tentang toleransi
·     Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang akibat toleransi

Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan toleransi
·         Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik tentang toleransi

Mengeksplorasi
·      Guru menentukan sumber informasi berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang toleransi sesuai kandungan hadis

Mengasosiasikan
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang toleransi
·      Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian dan kriteria tentang toleransi sesuai kandungan kandungan hadis


Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang toleransi
·      Menyampaikan hasil belajar tentang toleransi
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non objektif

Tes Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan

Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar  dalam satuan waktu yang telah ditentukan

Unjuk Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan
4 x 45
Menit

·   Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya 
1.7 Menaati perintah Allah dalam mengembangkan bidang keilmuan
-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan

-

2.7 Memotivasi diri untuk meningkatkan keilmuan dan kualitas diri

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan
-

3.7 Menganalisis spirit pengetahuan dan tekhnologi dari hadis Nabi riwayat ibnu Majah dari Anas bin Malik
طلب العلم فريضةعلى كل مسلم وواضع العلم
dan riwayat Abu Dawud dari Abu Darda’
إن العالم ليستغفرلهم في السموات...

4.7 Mempresentasikan kebutuhan manusia terhadap pengetahuan dan teknologi

Hadis tentang pengetahuan dan tehnologi
Mengamati
Mengamati hadis tentang pengetahuan dan tehnologi
·     Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang  pengetahuan dan tehnologi

Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan pengetahuan dan tehnologi
·        Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik tentang pengetahuan dan tehnologi
Mengeksplorasi
·      Guru menentukan sumber informasi berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang pengetahuan dan tehnologi sesuai kandungan hadis tentang keagungan dan kekuasaan Allah

Mengasosiasikan
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang keagungan dan kekuasaan Allah
·      Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian dan kriteria keagungan dan kekuasaan Allah sesuai kandungan kandungan hadis


Mengkomunikasikan
·     Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang pengetahuan dan tehnologi
·     Menyampaikan hasil belajar tentang pengetahuan dan tehnologi
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non objektif

Tes Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan

Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar  dalam satuan waktu yang telah ditentukan

Unjuk Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan
4 x 45
Menit

·      Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya 
1.8 Meyakini pentingnya sikap melestarikan alam untuk kemakmuran

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan

-

2.8 Membiasakan diri menjadi pribadi yang ramah lingkungan dan menjaga kelestarian alam

-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan
-

3.8 Memahami hadis yang memerintahkan untuk melestarikan alam yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari salah seorang muhajirin
ثلاثا أسمعه يقول المسلم ونشركاء....
dan riwayat Muslim dari syadad bin Aus
إن الله كتب الإحسان على كل شيئ ....

4.8 Memahami hadis yang memerintahkan untuk melestarikan alam yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari salah seorang muhajirin
ثلاثاأسمعه يقول المسلم ونشركاء....
dan riwayat Muslim dari syadad bin Aus
إن الله كتب الإحسان على كل شيئ ....
Hadis tentang kelestarian alam
Mengamati
Mengamati hadis tentang kelestarian alam
·     Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang kelestarian alam

Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan kelestarian alam
·         Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik tentang kelestarian alam

Mengeksplorasi
·      Guru menentukan sumber informasi berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kelestarian alam sesuai kandungan hadis

Mengasosiasikan
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang kelestarian alam
Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian dan kriteria kelestarian alam sesuai kandungan n hadis tentang kelestarian alam

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang kelestarian alam
·      Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian kelestarian alam
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non objektif

Tes Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan

Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar  dalam satuan waktu yang telah ditentukan

Unjuk Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan
4 x 45
Menit

·      Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya 
1.9 Meyakini pentingnya kesabaran dalam menerima ujian dan cobaan dari Allah
-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan

-

2.9 Membiasakan sikap sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan
-
-
ü Observasi
ü Penilaian Diri
ü Penilaian Sejawat
ü  Jurnal /Catatan
-

3.9 Memahami kandungan hadis tentang ujian dan cobaan yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Anas bin Malik
عظم الجزاء مع عظم البلاء
dan hadis riwayat Muslim dari Shuhaib
عجب الأمرالمؤمن إن أمره كله خير...


4.9 Menunjukkan contoh perilaku orang yang sabar dalam menerima ujian dan cobaan
Hadis tentang ujian dan cobaan
Mengamati
Mengamati hadis tentang tentang ujian dan cobaan
·     Menyimak ilustrasi singkat dari guru tentang akibat tentang ujian dan cobaan

Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap hadis yang diamati.
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk menanyakan pengalaman, pengamatan, kesaksian, yang berkaitan tentang ujian dan cobaan
·         Guru merespon pertanyaan dan tanggapan dari peserta didik tentang tentang ujian dan cobaan

Mengeksplorasi
·      Guru menentukan sumber informasi berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan peserta didik
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang tentang ujian dan cobaan sesuai kandungan hadis tentang tentang ujian dan cobaan
Mengasosiasikan
·      Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang tentang ujian dan cobaan
Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian dan tentang ujian dan cobaan sesuai kandungan kandungan hadis tentang ujian dan cobaan

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan hadis tentang tentang ujian dan cobaan
·      Menyampaikan hasil belajar tentang pengertian tentang ujian dan cobaan
Tes Tulis
Peserta didik diberi beberapa soal untuk dikerjakan secara tulis baik dalam bentuk uraian objektif atau uraian non objektif

Tes Lisan
Peserta didik diberi soal terkait dengan materi ajar untuk dijawab secara lisan

Penugasan
Peserta didik diberi tugas individu atau kelompok untuk memahami ataupun medalami materi ajar  dalam satuan waktu yang telah ditentukan

Unjuk Kerja
Peserta didik diminta menampilkam atau unjuk kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar

Penilaian Proyek
Peserta didik diberi tugas individu ataupun kelompok, melakukan
4 x 45
Menit

·      Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya 



0 komentar:

Author

Write admin description here..

Free counters!
ERC.Net TAMBAKBERAS JOMBANG

Subscribe to our Mailing List

We'll never share your Email address.
Copyright © 2013 ca' go' ae wes. Powered by Blogger.
Blogger Template by Bloggertheme9
+6285748831888ramagok@gmail.com